Yumna, Farah (2025) Kreativitas guru pendidikan agama islam dalam pengelolaan kelas yang efektif pada Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1820100111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah ini adalah perlu adanya gambaran secara mendalam tentang proses pengelolaan kelas yang dilakukan untuk mengoptimalkan kondisi pengelolaan kelas yang efektif. Kreativitas guru harus dibekali kemampuan mengelola kelas yang baik agar tujuan pembelajaran tercapai. Kreativitas guru merupakan upaya maksimal seorang guru dalam berbagai cara untuk menemukan strategi pembelajaran yang baru, agar dapat tercapai kondisi belajar yang kondusif dan menyenangkan. Rumusan masalah dalam penilitian ini yaitu bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas yang efektif pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Padangsidimpuan dan maksud dalam masalah pokok ini adalah bagaimana Gambaran dan bentuk kreativitas yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas yang efektif pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu tentang kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas yang efektif pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Padangsidimpuan. Instrument pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas yang efektif pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Padangsidimpuan adalah kreativitas yang berhubungan dengan prinsip penggunaan pengelolaan kelas, bahwa guru pendidikan agama islam seperti sanggup menerapkan semua yang ada didalam prinsip-prinsip pengelolaan kelas yaitu: kehangatan dan keantusiasan, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal yang positif, penanaman disiplin diri. Tetapi yang guru Pendidikan Agama Islam hanya sanggup menerapkan kehangatan dan keantusiasa, tantangan, penekanan pada hal-hal yang positif, dan penanaman disiplin diri saja. Sehingga terjadi masih adanya peserta didik yang ribut, tidur dan mengganggu temannya dikarenakan kurang kemampuan guru menerapkan prinsip pengelolaan kelas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
| Keywords: | Kreativitas; Guru; Pendidikan agama islam; Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 05:51 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 05:51 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
