Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media puzzle materi pecahan sederhana untuk meningkatkan kemampuan siswa berhitung di kelas III SDN 084086 Sibolga

Hasibuan, Zulhakimi (2025) Pengembangan media puzzle materi pecahan sederhana untuk meningkatkan kemampuan siswa berhitung di kelas III SDN 084086 Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500191.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum ditemukannya media yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas III SDN 084086 Sibolga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle dalam materi pecahan sederhana untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas III SDN 084086 Sibolga. Instrumen pada penelitian ini berupa wawancara, lembar validasi angket, lembar angket respon guru dan siswa, dan tes. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap yaitu Research and information collecting, Planning, Develop preliminary form of product, Preliminary field testing, Main product revision, Main field testing, Operational product revision, Operational field testing, Final product revision, dan Dissemination and implementation. Media puzzle dalam materi pecahan sederhana dikembangkan melalui tahap validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain. Media puzzle diujicobakan kepada siswa kelas III. Subjek uji coba dilakukan di SDN 084086 Sibolga yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ali materi sebesar 91,67% (valid), ahli bahasa sebesar 87,5 % (valid), dan ahli media sebesar 85% (valid). Hasil persentase keseluruhan validator ahli sebesar 88,06% dengan kriteria (valid). Hasil respon siswa dan guru dinyatakan sangat layak yaitu 87,45% dab respon guru sebesar 94,44% pada uji lapangan. Selanjutnya keterampilan berhitung siswa pada pecahan sederhana yang dilihat dari hasil posttest yaitu sebesar rata-rata 80 dengan ketuntasan sebesar 80,77% maka media pembelajaran puzzle materi pecahan sederhana dapat meningkatkan kemampuan siswa berhitung dikelas III SDN 084086 Sibolga dikatakan efektif karena melewati KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, M.Pd dan Asriana, M.Pd
Keywords: Media puzzle; Pecahan sederhana; Kemampuan siswa; Berhitung; Kelas III; SDN 084086 Sibolga
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 11 Dec 2025 08:52
Last Modified: 11 Dec 2025 08:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12954

Actions (login required)

View Item View Item