Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2010-2018

Rahma, Rahma (2019) Pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2010-2018. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00213.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya fluktuasi pada laba bersih dan juga tidak sesuainya antara teori dengan fakta yang ada dilapangan. Dimana teorinya menyatakan apabila biaya produksi dan biaya promosi meningkat maka laba bersih juga akan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2010-2018. Penelitian ini berkaitan dengan bidang akuntansi yang membahas tentang biaya-biaya dan laba bersih. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan biaya-biaya diantaranya biaya produksi, biaya promosi dan laba bersih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil melalui website www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode studi pustaka dan dokumentasi yang berdasarkan laporan keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2018. Tenik analisis data yang digunakan adalah uji statistik, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan uji f), uji koefisien determinasi (R2), dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial biaya produksi berpegaruh terhadap laba bersih dengan nilai thitung>ttabel (8,535>2,028). Biaya promosi secara parsial tidak berpengaruh terhadap laba bersih dengan nilai thitung <ttabel (-0,125<2,034). Selain itu, biaya produksi dan biaya promosi secara simultan terdapat pengaruh terhadap laba bersih. Hasil penelitian ini dengan menggunakan Uji R2 diperoleh sebesar 71,2% hal ini menunjukkan bahwa model penelitian ini mampu menjelaskaan 71,2% terhadap perubahan laba bersih dan 28,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Biaya produksi; biaya promosi; laba bersih
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 08 May 2020 02:46
Last Modified: 08 May 2020 02:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item