Rangkuti, Masrona (2023) Kreativitas guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar Negeri 153071 Sibabangun Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1720500075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran pada materi kalor dan perpindahannya. Mengelola kelas, menggunakan media pembelajaraan, menggunakan metode pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Siswa lebih semangat dan lebih mudah memahami pembelajaran. sehingga terjadinya proses pembelajaran yang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana kreativitas guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diSekolahDasar (SD) Negeri 153071 Sibabangun Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Apa yang mempengaruhi kreativitas guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diSekolah Dasar (SD) Negeri 153071 Sibabangun Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 153071 Sibabangun Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan dianalisis dengan menggunakan logika ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara proses mencari dan menyusun urutan data sesuai dari data yang diperoleh dari hasil wawancara dan bservasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian yang ditemukan adalah kreativitas guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diSekolah Dasar (SD) Negeri 153071 Sibabangun Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mampu kreatif dalam a). Menggunakan Media pada perpindahan kalor secara konduksi seperi sendok, logam dan lilin, b). Menggunakan media pada perpindahan kalor secara konveksi seperti sendok, air, dan lilin, c). Menggunakan media alam pada perpindahan panas secara radiasi seperti panas matahari yang turun kebumi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) diSekolah Dasar (SD) Negeri 153071 Sibabangun Kecamatan Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah diantaranya sarana prasarana sekolah, kerjasama sesama guru, lingkungan yang kondusif
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Prof. Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd |
| Keywords: | Kreativitas; Guru; Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam; Sekolah Dasar; Kabupaten Tapanuli Tengah |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 04:53 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 04:53 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
