Maha, Ninka Mala (2025) Strategi pemasaran produk halal pada pelaku UMKM kuliner di Kota Sidikalang Sumatera Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140400033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas strategi pemasaran produk halal yang diterapkan oleh pelaku UMKM kuliner di Kota Sidikalang, Sumatera Utlara. Latlar belakang penelitian ini adalah tlantanglan yang dihadapi pelaku UMKM dalam meyakinkan konsumen muslim terhadap kehalalan produk mereka di daerah yang mayoritas penduduknya non-muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetlahui strategi pemasaran yang digunakan dan blaglaimana penerlapannyla dlalam meningkatkan pertumbuhan sertla keberlanjutlan usaha kuliner halal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif denglan teknik pengumpulan datla melalui observasi, wawanclara, dlan dokumentlasi. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh UMKM dalam pemasaran produk halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwla pelaku UMKM menerlapkan berbaglai strlategi pemaslarlan, seperti penggunaan sertifikasi halal untuk meningkatkan kredibilitas, promosi melalui media sosial, pendekatan komunitas muslim, serta strategi hargla dan lokasi yang kompetitif. Kendlala utlama yang dihadapi adlalah rendahnyla pemahaman konsumen terhadap sertifikasi halal dlan perslaingan dengan pelaku uslaha non-muslim. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan blagi pelaku UMKM dalam meningkatkan efektivitas strategi pemasaran produk halal, serta menjadi referensi bagi pihak terkait dalam mendukung pengembangan UMKM halal di Kota Sidikalang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Utari Evy Cahyani, S.P., M.M dan Idris Saleh, S.E.I., M.E |
| Keywords: | Pemasaran; Produk halal; UMKM; Kuliner; Kota Sidikalang; Sumatera Utara |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 08:58 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 08:58 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12932 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
