Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi cerpen di Kelas V SD Negeri 100611 Tahalak Kecamatan Batang Angkola

Rozi, Fachrul (2025) Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi cerpen di Kelas V SD Negeri 100611 Tahalak Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500275.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan dengan metode konvensional cenderung membuat siswa cepat merasa jenuh dan menyebabkan suasana belajar menjadi kurang kondusif. Hal ini disebabkan karena metode konvensional bersifat monoton, biasanya hanya mengandalkan ceramah dan buku teks. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran dengan pendekatan yang berbeda, yaitu dengan mempertimbangkan indikator minat belajar seperti perasaan, perhatian, keterlibatan, dan ketertarikan siswa.Cerpen sendiri merupakan salah satu bentuk prosa naratif berupa cerita fiksi yang disajikan dalam bentuk narasi singkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi cerpen di kelas V SDN 100611 Tahalak, Kecamatan Batang Angkola, tahun ajaran 2024/2025.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain two group pretest-posttest design. Sampel penelitian melibatkan seluruh siswa kelas V yang terdiri dari satu kelas berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data dan pengolahan menggunakan aplikasi SPSS menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar siswa pada kelas kontrol adalah 60, sementara pada kelas eksperimen yang menggunakan media pop-up book meningkat menjadi 80.Uji normalitas menunjukkan bahwa data pada kedua kelas berdistribusi normal, dengan nilai L hitung > L tabel pada kelas kontrol (7.742 > 3.308), dan Lhitung < Ltabel pada kelas eksperimen (0.013 < 0.074). Selain itu, uji homogenitas menunjukkan bahwa sampel berasal dari kelompok yang homogen dengan hasil F hitung < F tabel (0.105 < 0.597).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop-up book efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi cerpen di kelas V SDN 100611 Tahalak, Kecamatan Batang Angkola tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Media pop-up book; Minat belajar; Siswa; Pembelajaran; Bahasa Indonesia; Cerita pendek; Kelas V; SD Negeri 100611 Tahalak; Kecamatan Batang Angkola
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 01 Dec 2025 08:41
Last Modified: 01 Dec 2025 08:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12930

Actions (login required)

View Item View Item