Hasibuan, Ananda Sri Rezky (2025) Efektivitas penggunaan Aplikasi Kinemaster terhadap kemampuan menulis teks prosedur pada Siswa Kelas XII IPS-2 SMA Negeri 1 Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2021000003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas XII IPS2 dalam kelompok belajar hanya beberapa orang saja yang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, sedangkan yang lain tidak terlibat. Selain itu, guru tidak memerhatikan siswa saat belajar di dalam kelompok. Melihat kondisi demikian perlu dicarikan solusi alternatif dalam pembelajaran menulis dan daya tarik dalam pembelajran, supaya segala permasalahan serta kendala yang terdapat dalam siswa maupun guru dapat teratasi maka diperlukan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk menulis teks prosedur yaitu media kinemaster. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Kinemaster terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XII IPS-2 SMA Negeri 1 Ulu Barunun Kabupaten Padang Lawas Tahun Pembelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-2 yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 128 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XII IPS-2 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah two group post test design. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil belajar siswa dalam membuat teks prosedur pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 70, sedangkan teks prosedur pada kelas eksperimen adalah 82.Dari uji data yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Dari data pada kelas kontrol diperoleh (0.340 > 0.05), dan pada kelas eksperimen diperoleh (0.380 > 0.05). Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu F hitung < F tabel (0.145 > 0.05). Selanjutnya uji hipotesis yaitu F hitung > F table (3.454 > 1,790). Hal ini membuktikan bahwa media kinemaster efektif terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XII IPS-2 SMA Negeri 1Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas tahun pembelajaran 2024/2025.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
| Keywords: | Aplikasi Kinemaster; Menulis; Teks prosedur; Siswa; Kelas XII IPS-2; SMA Negeri 1 Ulu Barumun; Kabupaten Padang Lawas |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 08:29 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 08:31 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
