Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan saintifik terhadap literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X SMKS Al-Hasanah Padang Lawas

Nurjannah, Siti (2025) Pengaruh pendekatan saintifik terhadap literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X SMKS Al-Hasanah Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120900008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan saintifik terhadap literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor di Kelas X SMKS Al-Hasanah Padang Lawas. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan literasi sains siswa di sekolah tersebut, dengan data yang menunjukkan hanya 38% siswa kelas X TKJ dan 22% siswa kelas X TBSM yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70 pada mata pelajaran fisika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap literasi sains siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan saintifik dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa soal literasi sains siswa. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T Test melalui aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pendekatan saintifik terhadap literasi sains siswa dengan nilai signifikansi (Sig. (2- tailed)) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penerapan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor di SMKS Al-Hasanah Padang Lawas. Pendekatan ini dinilai efektif dalam mengembangkan keterampilan ilmiah siswa yang meliputi kemampuan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M. Si dan Yenni Khairani Lubis,M.Sc
Keywords: Pendekatan sintifik, Literasi sains, Suhu dan kalor, Quasi eksperimen, SMKS Al-Hasanah Padang Lawas
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:12
Last Modified: 01 Dec 2025 03:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12921

Actions (login required)

View Item View Item