Panjaitan, Paujiah (2025) Pengembangan media pembelajaran menggunakan konsep gamifikasi untuk kelas xi-4 di SMA NEGERI 1 Rantau Selatan pada materi sistem ekskresi manusia. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120800004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu proses pembelajaran siswa di kelas XI-4 SMA Negeri 1 Rantau Selatan belum optimal, dikarenakan rendahnya motivasi belajar siswa yang dianalisis dari berbagai permasalahan bahwa siswa belum terlibat aktif secara langsung dalam proses pembelajaran, guru hanya menggunakan media pembelajaran konvensional, dimana media yang digunakan menggunakan media buku cetak yang tidak dapat memberikan warna pada suatu gambar, desain media yang monoton, sehingga siswa tidak tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran pada materi sistem eksresi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan konsep gamifikasi sebagai media untuk melihat motivasi belajar siswa kelas XI-4 pada materi sistem eksresi mansuia. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemention, Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini melalui lembar validasi, dan angket. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan konsep gamifikasi yaitu: a) Uji validasi ahli media pembelajaran oleh ibu Nur Azizah Putri Hsb, M. Pd dengan nilai 96% dengan kategori “Sangat valid, b) Validasi ahli materi oleh ibu Rafeah Husni, M.Pd dengan nilai 95% dengan kategori “Sangat valid, c) Validasi ahli bahasa oleh ibu Nur Azizah Hsb, M.Pd dengan nilai 94% dengan kategori”Sangat valid. Hasil dari keseluruhan validasi “Sangat valid”. Hasil analisis dari angket praktikalitas dari respon guru oleh ibu Raskita Sitepu, S.Pd dan Ibu Julaiha Pasaribu, S.Pd guru biologi dengan nilai 100% dengan kategori “Sangat praktis” dan siswa di sekolah SMA Negeri 1 Rantau Selatan yaitu 90,87% dengan kategori “Sangat praktis”. Efektifitas media yang digunakan berdasarkan uji coba produk dengan nilai yaitu 81,62%, dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran menggunakan konsep gamifikasi layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Fery Kurniawan, M. Si dan Misahradarsi Dongoran, M. Pd |
| Keywords: | Media pembelajaran, Konsep gamifikasi, Motivasi belajar ADDIE |
| Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060112 Structural Biology (incl. Macromolecular Modelling) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
| Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:12 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:12 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
