Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan literasi numerik dan motivasi belajar dengan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Siregar, Annisa Handayani (2025) Hubungan literasi numerik dan motivasi belajar dengan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120200026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah signifikan rendahnya minat siswa terhadap matematika, yang diduga kuat berakar pada dua hal: lemahnya literasi numerik siswa – kemampuan mereka memahami dan menggunakan informasi berbasis angka – serta kurangnya motivasi belajar atau dorongan internal untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Kombinasi kedua kekurangan ini diyakini menjadi penghambat utama siswa dalam mencapai pemahaman konsep matematika. Atas dasar itu, tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam hubungan antara literasi numerik dan motivasi belajar dengan tingkat pemahaman konsep matematika. Fokus penelitian diarahkan pada siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, dengan asumsi bahwa literasi numerik dan motivasi belajar merupakan faktor kunci yang sangat memengaruhi penguasaan matematika siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan desain korelasional guna mengukur keeratan hubungan antar variabel yang diteliti. Sebanyak 30 siswa dipilih sebagai sampel penelitian melalui teknik purposive sampling yakni berdasarkan kriteria tertentu yang relevan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes literasi numerik, angket motivasi belajar, dan tes pemahaman konsep matematika. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil analisis data secara jelas menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara literasi numerik dan motivasi belajar dengan pemahaman konsep matematika. Secara lebih spesifik, literasi numerik memberikan kontribusi sebesar 46,8% terhadap pemahaman konsep. Motivasi belajar juga memiliki peran penting dengan kontribusi 20,4%. Ketika kedua faktor ini dianalisis secara bersama-sama, kontribusi gabungan literasi numerik dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika mencapai 48,1%. Temuan ini memberikan indikasi kuat bahwa siswa yang memiliki kemahiran numerik yang baik dan didukung motivasi belajar tinggi cenderung lebih unggul dalam memahami konsep matematika. Artinya, penguasaan informasi numerik dan semangat belajar internal adalah elemen penting yang sejalan dengan keberhasilan siswa dalam matematika. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya upaya berkelanjutan untuk mengembangkan literasi numerik dan memupuk motivasi belajar siswa sebagai strategi efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika mereka secara signifikan. Siswa yang termotivasi juga cenderung lebih aktif dan tekun, yang lebih lanjut mendukung pemahaman mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan A. Naashir M. Tuah Lubis, S.Pd.I., M.Pd.
Keywords: Literasi numerik, Motivasi belajar, Pemahaman konsep matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 01 Dec 2025 03:11
Last Modified: 01 Dec 2025 03:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item