Hasibuan, Roni Rahmad (2025) Strategi pengembangan usaha HSS Cafe Coffee dengan menggunakan pendekatan business model canvas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140400018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Pertumbuhan usaha sektor akomodasi makanan dan minuman di Kabupaten Mandailing Natal menunjukkan tren positif dari tahun 2020 hingga 2024. Namun, HSS Cafe Coffee yang berlokasi di Desa Huraba, Kecamatan Siabu, mengalami penurunan pelanggan pada tahun kedua karena belum memiliki strategi pengembangan usaha yang tepat. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk merancang strategi pengembangan usaha HSS Cafe Coffee menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) agar dapat bersaing dan berkembang secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara terhadap pemilik, karyawan, dan pelanggan. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Model bisnis dikaji melalui pendekatan BMC, kemudian dikembangkan melalui analisis SWOT yang disusun dalam Matriks IFAS dan EFAS. Selanjutnya dilakukan pemetaan posisi strategi dengan Matriks IE dan pemilihan strategi prioritas menggunakan Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HSS Cafe Coffee berada pada posisi kuadran V dalam Matriks IE, yang menunjukkan strategi “Hold and Maintain”. Berdasarkan hasil analisis QSPM, strategi prioritas yang direkomendasikan adalah pengembangan layanan online (TAS: 6,42), efisiensi operasional (TAS: 6,35), dan penetrasi pasar (TAS: 6,06). Strategi ini dinilai efektif untuk mempertahankan keberlangsungan usaha sekaligus memperluas pasar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Annida Karima Sovia, M.M |
| Keywords: | Strategi pengembangan usaha; HSS Cafe Coffee ; Pendekatan business model canvas |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:08 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:08 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
