Rangkuti, Selvi Harisma (2025) Pengaruh gender, pendapatan dan religiusitas terhadap preferensi metode pembayaran dalam transaksi e-commerce. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2040200009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Metode pembayaran menjadi elemen penting yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan keputusan pembelian konsumen. Preferensi metode pembayaran tidak hanya ditentukan oleh ketersediaan teknologi, tetapi juga oleh karakteristik individu seperti gender, pendapatan, dan religiusitas. Namun, sejauh ini masih terdapat kesenjangan penelitian dalam memahami bagaimana ketiga faktor tersebut dapat mempengaruhi preferensi metode pembayaran dalam transaksi e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gender, pendapatan dan religiusitas berpengaruh terhadap preferensi metode pembayaran dalam transaksi e-commerce. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square). Populasi dalam penelitian ini merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Padangsidimpuan, dengan jumlah sampel sebanyak 54 responden yang dipilih melalui teknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, analisis model pengukuran, analisis model struktural dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini yaitu gender berpengaruh signifikan terhadap preferensi metode pembayaran, dengan nilai koefisien sebesar 0.517, t-statistic sebesar 2.045 dan p-value 0.041 (< 0.05). Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan nyata dalam perilaku konsumen berdasarkan gender dalam memilih metode pembayaran saat bertransaksi di e-commerce. Variabel Pendapatan menunjukkan pengaruh yang tidak sifnifikan terhadap preferensi metode pembayaran, dengan nilai koefisien -0,217, t-statistic 1.374, dan p-value 0.170 (> 0.05). Artinya, tingkat pendapatan individu tidak memberikan dampak yang cukup kuat terhadap kecenderungan mereka dalam memilih metode pembayaran. Religiusitas terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi metode pembayaran, dengan nilai koefisien -0.289, nilai t-statistic 2.202, dan p-value 0.028 (< 0.05). Nilai koefisien negatif menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang, semakin rendah kecenderungannya memilih metode pembayaran tertentu, khususnya yang dianggap tidak sesuai dengan prinsip syariah atau etika keagamaan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Windari, S.E, M.A dan Muhammad Arif, M.A |
| Keywords: | Gender; Pendapatan; Religiusitas; Preferensi; Metode Pembayaran; Transaksi E-Commerce |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:06 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:06 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
