Siregar, Aulia Putri (2025) Pengaruh trend fashion dan peer group terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140200076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku berlebihan dalam memenuhi kebutuhan hidup dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Kurangnya pengaplikasian cara memenuhi kebutuhan yang dianjurkan agama Islam dan juga teori ilmu Ekonomi, karena kebanyakan dari mahasiswa lebih mementingkan keinginan untuk mengikuti trend fashion dan peer group yang dianggap sedang marak-maraknya dikalangan mahasiswa, dan mengesampingkan kebutuhan yang seharusnya lebih penting untuk dipenuhi sehingga memicu terjadinya tindakan konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trend fashion dan peer group terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam angkatan 2022. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 81 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder dan menggunakan angket (kuesioner) sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data dengan analisis statistik deskriptif, analisis model luar (Outer Models) yang terdiri dari uji convergent validity loading factor, Avarage varians extracted (AVE), Descriminant valididty, dan uji Reliabilitas. Analisis antar variabel (Inner Models) yang terdiri dari uji Coefficient of determinant (R2), Predictive relevance (Q2), Effect size (f2), model FIT dan uji hipotesis yang diolah dengan software smartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Trend fashion memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa (2) Peer group memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan penelitian selanjunya menggunakan variabel pendukung lainnya dan sampel yang berbeda sehingga dapat melihat konsistensi pengaruh variabel independent terhadap perilaku konsumtif.Selain itu penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dalam meningkakan kesadaran mahasiswa mengenai bahaya perilaku konsumtif sehinga dapat mengaplikasikan konsumsi yang baik menurut ajaran islam.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Ananda Anugrah Nasution, M.Si dan Ya’ti Ikhwani Nasution, M.E |
| Keywords: | Trend fashion; Peer group; Perilaku konsumtif; Mahasiswa |
| Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1203 Design Practice and Management > 120306 Textile and Fashion Design 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 04:15 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 04:15 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
