Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika di SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan

Harahap, Erda Mustika (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika di SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Era gobalisasi memungkinkan kita untuk memperoleh banyak informasi dengan cepat dan mudah. Untuk menghadapi tantangan era globalisasi diperlukan manusia yang mampu berkompetisi secara global, sehingga diperlukan keterampilan yang tinggi yang melibatkan pemikiran kritis, sistematis, logis, analitis, kreatif dan berkemauan tinggi. Kurikulum merdeka memberikan pengalaman belajar yang menekankan pada pengembangan kompetensi, karakter, dan kemampuan berpikir siswa sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan dan menjelaskan dampak penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Penelitiaan ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan berlokasi di sekolah SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, yang mana informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan salah satu guru matematika di SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Strategi implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan diantaranya guru mengikuti pelatihan dan bimbingan seperti workshop mengenai kurikulum merdeka yang diagendakan rutin setiap tahun ajaran baru untuk membuat perencanaan pembelajaran yang variatif dan berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Guru telah mengadopsi pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek dan metode diferensiasi untuk menyesuaikan kebutuhan siswa. 2) Dampak implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan terlihat pada peningkatan kualitas belajar dan berpikir kritis peserta didik. Pembelajaran yang berpusat pada siswa dan tidak berfokus pada nilai ujian membuat siswa lebih aktif serta dapat berkreasi dan bereksplorasi sesuai dengan keahlian dan keunikan peserta didik. Namun tidak adanya tekanan untuk mencapai nilai kelulusan pada siswa membuat siswa enggan untuk berkompetisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A
Keywords: Kurikulum Merdeka; Matematika; SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Nov 2025 04:47
Last Modified: 25 Nov 2025 04:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12872

Actions (login required)

View Item View Item