Batubara, Cantika Naya (2025) Pengaruh asuransi dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT Pos Indonesia Sigalangan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140200103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
PT. Pos Indonesia Sigalangan menetapkan asuransi dan harga untuk meningkatkan kepuasa pelanggan. Namun fakta di lapangan bahwasanya konsumen itu menggunakan asuransi pengiriman paket tetapi yang ia dapatkan itu masih ada kerusakan barang atau paket, sehingga dia kecewa dengan adanya jaminan ini tetapi paket yang dikirimkan itu masih rusak dan tidak ditanggungjawab oleh pihak PT Pos Indonesia Sigalangan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori kepuasan pelanggan. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan asuransi, harga, dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh asuransi dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT. Pos Indonesia Sigalangan yang menggunakan jasa pengiriman paket. Sampel penelitian diambil menggunakan Teknik accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas uji heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji simultan (F), uji parsial (uji t), uji koefisien determinasi (R2), penelitian ini menggunakan alat analisis SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil uji t diketahui: secara parsial variabel Asuransi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT Pos Indonesia Sigalangan. secara parsial variabel Harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT Pos Indonesia Sigalangan. secara simultan berpengaruh positif dan signifikan antara variabel asuransi dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada PT Pos Indonesia Sigalangan. Persentasi pengaruh variabel asuransi dan harga 96,3%, sedangkan sisanya 3,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Muhammad Isa, ST ., M.M dan Sulaiman Efendi, M.E |
| Keywords: | Asuransi; Harga; Kepuasan pelanggan; PT Pos Indonesia Sigalangan |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150204 Insurance Studies 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 02:03 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 02:03 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
