Efendi, Manahan (2025) Pengembangan pembelajaran aksara arab melayu untuk meningkatkan hasil belajar imla’ melalui metode sahl di Madrasah Diniyah Takmiliyah Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2350100013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran Arab Melayu dalam meningkatkan hasil belajar imla melalui metode sahl di MDT Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal, dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalution). Tahap Analisis dilakukan untuk memahami kebutuhan metode ajar imla yang sesuai dengan kurikulum dan karakter murid. Tahap desain melibatkan pengembangan metode sahl yang mencakup beberapa tahapan pembelajaran. Selanjutnya, pengembangan melibatkan penyusunan, pengujian, dan penyempurnaan metode sahl. Implementasi dilakukan melalui uji coba metode sahl pada kelas 1 MDT Mutiah Ummu Aminah Pintu Padang Jae, MDT Nurul Yaqin Sinonoan, dan MDT Islahiddin Huta Baringin Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal terhadap validitas, praktikalitas, dan efektivitas metode sahl. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran imla dan mendukung pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi murid. Hasil penelitian meunjukkan bahwa kualitas kevalidan pembelajaran Arab Melayu dalam meningkatkan hasil belajar imla melalui metode sahl di MDT Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal memperoleh hasil dengan kriteria sangat valid, penilaian kualitas menunjukkan bahwa pembelajaran Arab Melayu dalam meningkatkan hasil belajar imla melalui metode sahl di MDT Kecamatan Siabu memiliki validitas yang sangat valid. Praktikalitas pembelajaran Arab Melayu dalam meningkatkan hasil belajar imla melalui metode sahl di MDT Kecamatan Siabu dilihat dari hasil ujian pre test dan post test dengan rincian hasil belajar di MDT Mutiah Ummu Aminah Pintu Padang Jae terdapat 6 siswa yang hasil belajarnya naik, 6 siswa hasil belajarnya statis, dan 3 siswa hasil belajarnya menurun, adapun hasil belajar di MDT Nurul Yaqin Sinonoan terdapat 4 siswa yang hasil belajarnya naik, 6 siswa hasil belajarnya statis, dan 12 siswa hasil belajarnya menurun, selanjutnya hasil belajar di MDT Islahiddin Huta Baringin terdapat 10 siswa yang hasil belajarnya naik, 4 siswa hasil belajarnya statis, dan 1 siswa hasil belajarnya menurun. Sedangkan, penyebaran kuesioner mendapatkan hasil dua madrasah dengan kriteria sangat praktis yaitu MDT Mutiah Ummu Aminah Pintu Padang Jae dan Islahiddin Huta Baringin dengan presentae nilai 94,04%. Sedangkan, satu madrasah memenuhi kriteria cukup praktis dengan presentase nilai 53,98%. Adapun rata-rata respon guru mata pelajaran imla di MDT Kecamatan Siabu memenuhi kriteria sangat praktis yaitu MDT Mutiah Ummu Aminah Pintu Padang Jae dan Nurul Yaqin Sinonoan dengan presentase 80%. Sedangkan, MDT Islahiddin 90,66%. Artinya, metode sahl dalam meningkatkan hasil belajar baca tulis Arab sangat praktis dan efektif untuk digunakan dalam mata pelajaran imla di MDT Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
| Keywords: | Pembelajaran; Aksara arab melayu; Hasil belajar; Imla’; Metode sahl; Madrasah Diniyah Takmiliyah; Kecamatan Siabu; Kabupaten Mandailing Natal |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:39 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:39 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
