Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh iklan televisi dan harga terhadap keputusan pembelian shampoo Sunsilk Hijab (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan)

Kholijah, Siti (2018) Pengaruh iklan televisi dan harga terhadap keputusan pembelian shampoo Sunsilk Hijab (studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00173.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian adalah tingkat keputusan pembelian yang tinggi terhadap shampoo Sunsilk Hijab oleh Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Padahal masih banyak merek shampoo lain yang bagus dan memiliki keunggulan menarik, khususnya dalam permasalahan rambut. Jika dirancang dan diperhatikan dengan baik, strategi Iklan Media Televisi dan Harga yang terjangkau akan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Adapun Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Iklan Televisi dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam membeli produk shampoo Sunsilk Hijab. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Iklan Televisi dan Harga terhadap Keputusan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam membeli produk shampoo Sunsilk Hijab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 93 responden dari seluruh mahasiswi yang hanya menggunakan shampoo Sunsilk Hijab dengan teknik purpossive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas), uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R Square), dan uji hipotesis (uji t dan uji f ) dengan menggunakan bantuan perhitungan statistik SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, Iklan Televisi dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Sunsilk Hijab (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan), hal tersebut diperoleh dari hasil analisis determinasi dengan nilai (R Squere) sebesar 0,324 atau 32,4%. Iklan Televisi dan Harga memengaruhi Keputusan Pembelian, sebesar 32,4%, sedangkan 67,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sedangkan berdasarkan uji secara parsial (uji t) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian dimana THitung sebesar 2,864>TTabel sebesar 1,661. Sedangkan uji secara parsial (uji t) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Harga terhadap Keputusan Pembelian dimana thitung sebesar 5,611>ttabel 1,661. Sedangkan secara simultan Iklan Televisi dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dimana Fhitung sebesar 21,604 dan Ftabel sebesar 2,36.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Iklan televisi; harga; keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 08 May 2020 02:20
Last Modified: 08 May 2020 02:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item