Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan bahan ajar berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik

Martua, Saut (2025) Pengembangan bahan ajar berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250500020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan pengetahuan memberikan kesiapan mengembangkan bahan ajar tanpa melupakan kekayaan Indoensia terutama budaya, pembelajaran project menjadi kesatuan seluruh pendidikan, dengan tujuan tercapainya teori konstruktivisme (student centered learning). Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana hasil tingkat validitas, efektivitas dan tingkat praktikalitas produk pengembangan bahan ajar berbasis proyek pada materi matriks untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Dalam hal ini, peneliti mengembangkan bahan ajar berbasis proyek untuk meningkatkan komunikasi peserta didik. Urgensi pengembangan bahan ajar matematika adalah untuk mengakifkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, peserta didik mampu menyelesaikan tugas proyek sesuai dengan Langkah pembelajaran sintaks proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan pendekatan (model ) ADDIE (Analyze, Design, Development, Impelementation and Evaluation). Hasil yang diperoleh dalam penelitian diperuntukkan untuk menjawab tujuan penelitian, maka dapat dijelaskan (a) validasi oleh tim ahli sebanyak 3 validator dan rubrik yang digunakan sesuai BNSP pada tahun 2014 Sesuai dengan ketentuan BNSP dinyatakan valid tanpa revisi jika nilai rata-rata yang diperoleh ≥ 2,75 (rata-rata perolehan kelayakan isi 3,67; kelayakan bahasa 3,50; kelayakan penyajian 3,33 dan kelayakan kegrafikan 3,38) , dari hasil jelas dinyatakan bahan ajar dinyatakan valid tanpa revisi dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran pada materi matriks; (b) Produk bahan ajar berbasis proyek digunakan dalam meningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas, memenuhi kriteria aktivitas memenuhi waktu toleran dan ketuntasan sebesar 85%, praktis digunakan dengan kategori baik dan (c) Hasil praktikalitas ditunjukkan dengan hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui bahan ajar yang dikembangkan berbasis proyek siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas. Hal ini ditunjukkan dengan hasil N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen 1 sebesar 0,48 dengan kategori sedang sedangkan kelas eksperimen 2 hanya berada pada nilai 0,2 dengan kategori rendah, selanjutnya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang diberi pembelajaran matematis realistik dengan siswa pada pendekatan ekspositori siswa Madrasah Aliyah Padang Lawas, hal ini ditunjukkan dengan uji t yaitu Sig. (2-tailed) adalah 0,000; artinya nilai tersebut 0,000 < 0,05 atau thitung > ttabel atau 4,430 > 2,0243. Dengan demikian, pembelajaran aktif jika diberikan kepada peserta didik bahan ajar yang tepat, inovatif dan adaptif.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd
Keywords: Bahan ajar; Berbasis proyek; Komunikasi; Matematika; Peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:26
Last Modified: 24 Nov 2025 02:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12858

Actions (login required)

View Item View Item