Fauziah, Irma Lisda (2018) Pengaruh sistem pendidikan pesantren terhadap pembinaan moral santri di pondok pesantren modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah moral santri yang kurang sesuai dengan ajaran agama dan syariat Islam dan peraturan kewarganegaraan. Pelanggaran moral yang dilakukan oleh para santrinya, dan usaha pembinaan moral melalui sistem pendidikan yang ada di pesantren tersebut yang dilakukan oleh tenaga pendidik. Dengan kemorosotan moral anak yang dapat mempengaruhi kehidupan di masa yang akan datang diharapkan kepada lembaga pendidikan Islam dapat merubah dan membina anak-anak memiliki moral dan akhlak yang baik. Akibat perkembangan jaman yang semakin meningkat tidak banyak lagi anak-anak memiliki akhlak dan moral yang jauh dari standar ajaran Islam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimanakah Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum, bagaimanakah Pembinaan moral santri di Pondok Pesantren Mdern Al-Hasyimiyah Darul Ulum, dan apakah ada Pengaruh yang signifikan antara sistem pendidikan pesantren terhadap pembinaan moral santri di Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, instumen pengumpulan data menggunakan angket, pengolahan data statistik menggunakan rumus product moment dengan populasi sebanyak 264 dan sampel sebanyak 66 orang santri yaitu 25 % diambil dari seluruh siswa madrasah tsanawiyah kelas VII-IX. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sistem pendidikan pesantren terhadap pembinaan moral santri terhadap pembinaan mora santri di Pondok Pesantren Modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara, maka data yang diperoleh dianalisis dengan metode kuantitatif . Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, sistem pendidikan pesantren pada kategori “Sedang”, dengan nilai rata-rata 56,12 kemudian pembinaan moral santri pada kategori “Sedang” dengan nilai rata-rata 44,29, kemudian hasil uji rxy = 0,791 dengan kategori “Kuat” ada hubungan yang signifikan antara sistem pendidikan pesantren terhadap pembinaan moral santri, koefisien determinan (KD) 62,6% hal ini menunjukkan bahwa sistem pendidikan pesantren berkontribusi sebesar 62,6% terhadap pembinaan moral santri. Persamaan regresi ⏞ = 59,49 + 0,489X artinya setiap perubahan skor sistem pendidikan pesantren sebesar satuan dapat diprediksi skor pembinaan moral santri akan naik sebesar 0,489 satuan pada arah yang sama, berdasarkan hipotesis dapat data dengan menggunakan F hitung = 12,743 > F tabel 3,991 pada taraf signifikan 5%. Artinya Terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem pendidikan pesantren terhadap pembinaan moral santri di Pondok Pesantren modern Al-Hasyimiyah Darul Ulum Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Moral; sistem pendidikan; pesantren |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 08 May 2020 02:11 |
Last Modified: | 08 May 2020 02:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1285 |
Actions (login required)
View Item |