Lisnawati, Lisnawati (2025) Analisis faktor-faktor yang memengaruhi Impulsive buying generasi Z pengguna e-commerce di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140200032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi besar dalam pola konsumsi masyarakat, terutama dikalangan generasi Z yang sangat dekat dengan internet dan platform e-commerce. Generasi ini dikenal memiliki karakteristik konsumtif dan cepat dalam mengambil keputusan pembelian, termasuk melakukan impulsive buying. Fenomena ini semakin dipicu oleh berbagai faktor, seperti gaya hidup yang cenderung hedonis, strategi pemasaran seperti pemberian harga diskon, serta pengaruh psikologi yaitu rasa takut tertinggal tren atau kesempatan tertentu yang biasa disebut sebagai FOMO. Kondisi ini dapat menimbulkan dampak negatif seperti pemborosan, keuangan yang tidak stabil dan konsumsi yang berlebih. Di Kota Padangsidimpuan, fenomena ini masih belum banyak dikaji secara mendalam meskipun tren belanja online dikalangan generasi Z mengalami peningkatan yang signifikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi impulsive buying generasi Z pengguna e-commerce di Kota Padangsidimpuan. Variabel yang diteliti meliputi gaya hidup, harga diskon dan FOMO, dengan impulsive buying sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh generasi Z pengguna e-commerce di Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 81.771 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proporionate Stratified Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui kuesioner pada generasi Z pengguna e-commerce di Kota Padangsidimpuan kemudian dianalisis menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS V.26. Uji analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji instrument: uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik: uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji determinasi (R2), uji hipotesis: uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa gaya hidup berpengaruh positif terhadap impulsive buying, harga diskon berpengaruh positif terhadap impulsive buying dan FOMO berpengaruh positif terhadap impulsive buying. Gaya hidup, harga diskon dan FOMO berpengaruh positif terhadap impulsive buying generasi Z pengguna e-commerce di Kota Padangsidimpuan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A. dan Adanan Murroh Nasution, M.A |
| Keywords: | E-Commerce; Generasi Z; Impulsive buying; Padangsidimpuan |
| Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:07 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:07 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
