Siregar, Dinda Rahmadani (2025) Pengembangan media stick angka terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 Tahun di TK Fatayat NU Batunadua Jae Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120600034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran stick angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 4–5 tahun di TK Fatayat NU Batunadua Jae, Kota Padangsidimpuan. Masalah yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya minat dan kemampuan anak dalam berhitung, yang disebabkan oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif di kelas. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang mampu merangsang minat dan kemampuan anak secara konkret. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 15 anak kelompok A di TK Fatayat NU. Data dikumpulkan melalui angket yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi media stick angka oleh ahli media memperoleh skor sebesar 68,75% (kategori “layak”) dan validasi ahli materi sebesar 81,71% (kategori “sangat layak”). Respon guru terhadap media menunjukkan tingkat kepraktisan yang sangat tinggi dengan nilai 100%, menandakan media ini mudah digunakan, menarik, dan mampu membantu proses pembelajaran secara menyenangkan. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan skor kemampuan berhitung anak secara bertahap, dari 57,5% pada uji awal, pada uji kedua dengan skor 72,91% dan menjadi 93,75% pada uji akhir. Dengan demikian, media stick angka dinyatakan efektif, praktis, dan layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran berhitung permulaan anak usia dini. Media ini tidak hanya membantu anak memahami lambang bilangan dan konsep angka, tetapi juga meningkatkan motivasi serta keterlibatan aktif dalam proses belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd |
| Keywords: | Media Stick Angka; Berhitung; Permulaan; Anak Usia 4-5 Tahun; TK Fatayat NU Batunadua Jae Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:32 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:17 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
