Daulay, Mindo Rahmadani (2025) Konsep pendidikan islam menurut Abuddin Nata. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120100146.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Islam dewasa ini tengah menjadi studi perbincangan dan perhatian masyarakat, bangsa, dan negara, karena Pendidikan Islam saat ini masih dipertanyakan mutu dan kualitasnya, kredibilitasnya, dan eksistensinya dalam membangun sumber daya manusia yang benar-benar unggul secara IMTAQ maupun IPTEKnya dengan memiliki bekal kompetensi, akhlakul karimah, dan keterampilan yang dapat diaplikasikan dalam bidang kehidupan sehingga mencapai tujuan akhirnya yakni membangun peradaban Islam yang kaffah dan madani yang benar-benar kuat dan kokoh karena dibangun dari akarnya sehingga Pendidikan Islam menjadi Rahmatan Lil Alamin yang dapat menerangi aspek-aspek dan komponen-komponen kehidupan lainnya. Kata-kata pendidikan, pengejaran, bimbingan dan pelatihan merupakan proses yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan individu. Hal itu sejalan dengan konsep Pendidikan Islam yang ditelaah dari pemikiran Abuddin Nata yang dikaji dan dianalisis pada penelitian Skripsi ini. Konsep Pendidikan Islam Menurut Perspektif Abuddin Nata secara garis besar merupakan Pendidikan Islam yang bersifat humanis multikultural yakni memaksimalkan potensi dan kemampuan akal, rasa, dan keterampilan diri manusia sebagai mahluk yang mulia dan sempurna penciptaannya dengan tetap bensandar dan berpijak kepada landasan Al-Qur’an, As-Sunnah, dan Ijtihad dengan model integralistik konvergensi, yakni memadukan konsep landasan tersebut dengan konteks sktruktural dan kultural pendidikan yang berciri khas keagamaan Islam sehingga akan bermuara pada satu tujuan yakni mendayagunakan fitrah dan potensi manusia dalam pembangunan umat yang unggul, madani, dan berkemajuan. Dalam skripsi ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dianalisa dari berbagai macam sumber dan referensi baik yang sifatnya primer maupun sekunder. Selain itu juga dibahas mengenai relevansi pemikirannya dengan kondisi pada era kontemporer sesuai Sistem Pendidikan Nasional yang berlaku saat ini yang secara umum tergambar dari 3 (tiga) fokus penelitian skripsi ini yakni metode Pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, Administrasi pendidikan Islam menurut dalam perpektif Islam dan menurut Abuddin Nata. Dalam pendidikan Islam tidak hanya proses pemindahan ilmu saja, tetapi bertujuan untuk mencerdaskan akal (intelektual), membentuk kepribadaian yang baik, ahlak mulia, dan hubungan harmonis dengan Allah SWT, manusia, alam dengan matlamat (tujuan) utama mencapai keridhaan Allah SWT.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Abdusima Nasution, M.A dan Dr. Muhammad Roihan Daulay, M.A |
| Keywords: | Konsep; Pendidikan Islam; Abuddin Nata. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:32 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:06 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
