Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Kota

Daulay, Indriani (2025) Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Kota. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200155.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

BPJS Ketenagakerjaan memiliki peran krusial dalam memberikan perlindungan sosial bagi para pekerja di Indonesia. Namun dalam pelaksanaanya, masih terdapat tantangan yang dihadapi. BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Kota berada di daerah Sibolga Kota. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan jumlah data peserta yang terdaftar di kantor BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Kota turun mulai tahun 2023-2024. Penurunan jumlah peserta yang terdaftar ini menunjukkan adanya permasalahan kepuasan yang dirasakan oleh peserta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara parsial dan simultan terhadap kepuasan peserta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dari kuisioner yang dikumpulkan secara langsung dengan proses pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Jumlah sampel penelitian terdiri dari 110 responden peserta BPJS Ketenagakerjaan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji instrument: uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi dasar: uji normalitas, uji asumsi klasik: uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis: uji koefisien determinasi (R-square), uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f) dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Secara parsial hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Kota, dan tidak terdapat pengaruh fasilitas terhadap kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Kota. Secara simultan terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan peserta BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Kota. Persentasi pengaruh variabel kualitas pelayanan dan fasilitas 35%, sedangkan sisanya 65% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Samsudin Muhammad, SE, M.Si
Keywords: Kualitas pelayanan, Fasilitas, Kepuasan, Peserta BPJS Ketenagakerjaan Sibolga Kota
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 24 Nov 2025 05:55
Last Modified: 24 Nov 2025 05:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12831

Actions (login required)

View Item View Item