Harahap, Silvi (2025) Upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak siswa Kelas VII melalui model pembelajaran Game Based Learning di MTsS Al-Muttaqin Sosopan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120100133.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak yang diperoleh siswa kelas VII masih tergolong rendah di karenakan pembelajaran sering kali didominasi oleh kegiatan mencatat, menghafal, membaca buku, pembelajaran yang monoton dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan model pembelajaran Game Based Learning. Tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui penerapan dan peningkatan dengan menggunkan model pembelajaran Game Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTsS Al-Muttaqin Sosopan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di MTsS Al-Muttaqin Sosopan dengan subjek penelitian kelas VII yang berjumlah 23 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Game Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTsS Al-Muttaqin Sosopan. Hal ini dibuktikan pada tes awal presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 39,13% (9 dari 23 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 51,30, siklus I pertemuan 1 presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 43,47% (10 dari 23 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 53,91. Pada siklus I pertemuan 2 presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,17% (12 dari 23 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 63,47, ada selisih peningkatan 8,7%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 60,86% (14 dari 23 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,11 dan pada siklus II pertemuan 2 presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,60% (19 dari 23 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 80 dengan selisih 21,74%. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan presentase paling tinggi yaitu 82,60%, maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Selisih persentasi peningkatan antara siklus 1 dengansiklus II adalah 13,03%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag.M.Pd. dan Sakinah Siregar, M.Pd. |
| Keywords: | Guru; Hasil belajar; Aqidah akhlak; Siswa Kelas VII; Model pembelajaran Game Based Learning; MTsS Al-Muttaqin Sosopan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 01:31 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 01:31 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
