Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh Brand Image, kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen tupperware (studi pada masyarakat Kampung Jawa Kecamatan Padangsidimpuan Utara)

Siregar, Risva Yolanda (2018) Pengaruh Brand Image, kualitas produk dan harga terhadap loyalitas konsumen tupperware (studi pada masyarakat Kampung Jawa Kecamatan Padangsidimpuan Utara). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00168.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya masyarakat Kampung Jawa Kecamatan Padangsidimpuan Utara yang menggunakan produk plastik kontainer makanan/minuman merek Tupperware, padahal masih banyak produk sejenis lainnya yang memiliki merek terkenal dengan kualitas yang baik. Selain itu, harga plastik kontainer makanan/minuman merek Tupperware terbilang mahal dan rata-rata masyarakat Kampung Jawa Kecamatan Padangsidimpuan Utara merupakan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh brand image, kualitas produk dan harga baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen Tupperware. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, kualitas produk dan harga baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen Tupperware. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen bisnis. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan loyalitas konsumen, brand image, kualitas produk dan harga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 84 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas), uji hipotesis (uji t dan uji f), uji koefisien determinansi (R Square), uji analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel brand image berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung > ttabel (2,039 > 1,664), maka Ha diterima. Variabel kualitas produk tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung < ttabel (0,237 < 1,664), maka Ha ditolak. Kemudian, Variabel harga mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung > ttabel (2,658 > 1,664), maka Ha diteima. Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa brand image, kualitas produk dan harga mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,264 > 2,15), maka Ha diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Brand image; Kualitas produk; harga; Loyalitas konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 May 2020 01:35
Last Modified: 07 May 2020 06:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item