Batubara, Annisatul Ahyar (2025) Pengaruh model pembelajaran kolaboratif MURDER berbantuan media wordwall terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120200003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel yang menjadi topik bahasan pada penelitian ini. Peserta didik belum mampu menyelesaikan soal dengan baik, tidak mampu menginterpretasikan soal-soal cerita kedalam bentuk dan bahasa matematika, peserta didik terfokus pada contoh yang sama persis dan tidak dapat mengembangkannya dari soal yang diberikan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER berbantuan media Wordwall. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengeruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER dan mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika yang diterapkan model pembelajaran kolaboratif MURDER dan yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas X MAN 1 Padangsidimpuan yang terdiri dari 10 rombel, dan setiap rombel dipenuhi dengan 36 peserta didik. Dari populasi, kemudian diambil sampel yang terdiri dari dua rombel yaitu kelas X-G sebagai kelas kontrol dan kelas X-H sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 36 peserta didik. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa angket dan test tertulis (Pretest dan posttest) yang dapat mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan uji statistik t (independent sample t-test) diperoleh t hitung sebesar 3,028 dan t tabel sebesar 1,669 dapat diartikan bahwa karena t hitung > t tabel, 3,028 > 1,669 maka h0 ditolak dan ha diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kolaboratif MURDER berbantuan media Wordwall terhadap Kemampuan pemahaman konsep matematika
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S. Si., M. Pd dan Dr. Almira Amir, S. T., M. Si |
| Keywords: | Media wordwall, Model pembelajaran MURDER, Pemahaman konsep, Matematika |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 05:25 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 05:25 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12819 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
