Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Konsep pendidikan tasawuf dalam perspektif Syekh Syihabuddin di Desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Wahdini (2025) Konsep pendidikan tasawuf dalam perspektif Syekh Syihabuddin di Desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120100149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Konsep Pendidikan Tasawuf dalam Perspektif Syekh Syihabuddin di Desa Aek Libung Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep pendidikan tasawuf yang diterapkan oleh Syekh Syihabuddin di Desa Aek Libung serta dampaknya terhadap perkembangan spiritual dan pendidikan masyarakat setempat. Syekh Syihabuddin dikenal sebagai seorang tokoh sufi yang memiliki pengaruh besar dalam pembentukan karakter dan kepribadian masyarakat melalui pendidikan tasawuf. Pendidikan tasawuf yang diterapkan oleh Syekh Syihabuddin lebih menekankan pada aspek pembentukan moral, akhlak, dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks ini, tasawuf tidak hanya dilihat sebagai ajaran agama semata, melainkan juga sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan antara duniawi dan ukhrawi. Metode pendidikan yang digunakan melibatkan pendekatan langsung kepada masyarakat, melalui pengajaran akhlak dan pelatihan spiritual yang berlangsung di pesantren atau majelis taklim. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menggali pemahaman dan praktik pendidikan tasawuf di Desa Aek Libung. Data diperoleh melalui wawancara dengan tokoh agama, masyarakat setempat, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan tasawuf yang diajarkan oleh Syekh Syihabuddin memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas spiritual dan sosial masyarakat, terutama dalam membentuk karakter siswa yang berakhlak mulia, sabar, dan tawakal. Dengan demikian, konsep pendidikan tasawuf yang diterapkan oleh Syekh Syihabuddin di Desa Aek Libung dapat dijadikan contoh dalam mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam pendidikan, khususnya dalam membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual dan emosional. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan konsep pendidikan tasawuf di dunia pendidikan Islam, khususnya di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Irwan Saleh Dalimunthe, M.A dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Pendidikan; Tasawuf; Syekh Syihabuddin; Desa Aek Libung; Kecamatan Sayur Matinggi; Kabupaten Tapanuli Selatan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Nov 2025 08:29
Last Modified: 19 Nov 2025 08:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12814

Actions (login required)

View Item View Item