Hasibuan, Yusnah (2024) Pengembangan media komik digital pada pembelajaran fiqih materi rukun shalat di Taman Pendidikan Al-Qur’an Padang Bujur Padanglawas Utara. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2250100053.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Tercapainya tujuan pembelajaran tidak lepas dari peran seorang guru. Guru merupakan penanggung jawab kegiatan proses pembelajaran di dalam kelas. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa saat ini proses pembelajaran yang terjadi, khususnya di Taman Pendidikan Al-qur’an Padang Bujur peserta didik kurang minat dan termotivasi belajar Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi rukun sholat. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang tidak kreatif dan tidak inovatif . penggunaan media pembelajaran di Taman Pendidikan Al-qur’an Padang Bujur Padanglawas Utara hanya dengan bantuan gambar yang berwarna hitam dan menggunakan ceramah yang berupa penjabaran materi saja. Hal inilah yang menyebabkan kurangnya minat dan keefektivan siswa dalam pembelajaran di Taman Pendidikan Al-qur’an Padang Bujur Padanglawas Utara. Penelitian ini penulis laksanakan di Taman Pendidikan Al-qur’an Padang Bujur Padanglawas Utara. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan menurut Borg dan Gall. Dalam penelitian ini untuk validitas menggunakan angket validasi ahli, untuk praktikalitas menggunakan angket guru dan angket siswa, dan untuk efektivitas menggunakan tes. Penelitian ini menggunakan 4 (empat) ahli dengan penilaian yaitu, ahli materi/isi dengan penilaian kevalidan 90%, ahli pada bidang media pembelajaran dengan penilaian 92 % kevalidan, dan ahli dibidang bahasa dan sastra dengan penilaian 96% kevalidan produk, kemudian ahli pada bidang pembelajaran pendidikan agama islam yaitu 90 %. Maka dari itu dari hasil tersebut dapat disimpulkan media yang dikembangkan dapat dikatakan valid. Serta pada uji coba pruduk respon siswa, guru dan hasil tes menunjukkan hal postif maka dari itu produk ini dapat dinyatakan valid dan layak untuk digunakan. Hasil analisis praktikalitas terhadap produk yang dihasilkan memiliki kategori kepraktisan yang sangat praktis dengan nilai 90,7% berdasarkan angket uji praktikalitas yang telah diisi oleh guru. Angket respon siswa bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil angket respon siswa diperoleh nilai persentase kepraktisan sebesar 88,2%. Hasil penelitian ini menunjukkan kedua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas perlakuan mengalami perbedaan yang signifikan. Dimana kelas eksperimen jauh lebih baik dari kelas kontrol.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
| Keywords: | Pengembangan; Media; Komik digital; Pembelajaran; Fiqih; Rukun shalat; Taman Pendidikan Al-Qur’an Padang Bujur Padanglawas Utara |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 03:14 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:14 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
