Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada Lia Garden (LG) Dalan Lidang Panyabungan

Lubis, Siti Hardiyanti (2018) Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada Lia Garden (LG) Dalan Lidang Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Lia Garden (LG) Dalan Lidang Panyabungan merupakan salah satu tempat makan (Resto) dan wisata keluarga (Water Park). Berdasarkan latarbelakang masalah penelitian ini membahas tentang kepuasan pelanggan selama berada di Lia Garden (LG) Dalan Lidang Panyabungan. Untuk mengetahui kepuasan pelanggan maka dilakukan pendekatan menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi/tempat, dan promosi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi/tempat, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan selama berada di Lia Garden (LG) Dalan Lidang Panyabungan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan Manajemen Bisnis. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan, produk, harga, lokasi/tempat, dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus populasi tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, sumber data yaitu data primer dan sekunder, dan pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Analisis dengan menggunakan statistic yaitu SPSS versi 23. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,380 artinya korelasi antara variabel produk, harga, lokasi/tempat, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan terjadi hubungan yang sedang. Nilai Adjusted Rsquare sebesar 0,380 atau 38,0 % menunjukkan variabel produk, harga, lokasi/tempat dan promosi, mempengaruhi kepuasan pelanggan dan sisanya 62.0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain dil uar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini tidak ada pengaruh produk terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung < ttabel (-1,140 < 1,679). Variabel harga mempunyai pengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung < ttabel (-2.335 > 1,679). Variabel lokasi/tempat mempunyai pengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung < ttabel (-2,630 > 1,679). Variabel promosi mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung < ttabel (2,923 > 1,679). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa produk, harga, lokasi/tempat, dan promosi, mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,898 > 2,07)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Produk; Harga; Lokasi/Tempat; Promosi; epuasan Pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 May 2020 00:38
Last Modified: 07 May 2020 00:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item