Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran fikih di SMA IT Darul Hasan Padangsidimpuan

Caniago, Ahmad Gunawan (2025) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran fikih di SMA IT Darul Hasan Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2350100036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

SMA IT Darul Hasan merupakan sekolah berbasis boarding school, peserta didiknya memiliki latar belakang manhaj agama yang berbeda-beda, dengan perbedaan ini melahirkan praktek agama yang berbeda pula, dan di masyarakat pebedaan ini seringkali menimbulkan konflik sehingga menjadi isu intoleransi. Oleh karena itu, diperlukan adanya instrument yang dapat menyatukan perbedaan tersebut, salah satunya adalah dengan pembinaan sikap moderat dalam beragama melalui internalisasi nilai-nilai pembelajaran Fikih.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nila-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran Fikih di SMA IT Darul Hasan Padangsidimpuan, substansi materi pembelajaran Fikih, faktor penunjang dan penghambat serta dampak internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di sekolah tersebut. Internalisasi adalah proses memasukan nilai dalam diri pribadi seseorang yang kemudian akan membentuk sudut pandangnya dalam memaknai sebuah realitas kesehariannya, dengan demikian internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran Fikih adalah sebuah upaya memasukkan nilai-nilai moderasi melalui pembelajaran Fikih sehingga membentuk pribadi yang moderat. Konsep nilai moderasi disini meliputi: tawassuth, tawazun, i’tidal, tasamuh, musawwah, dan syura. Internalisasi dilakukan secara terintegrasi dengan proses pembelajaran, sehingga diperlukan perencanaan, implementasi, evaluasi, dan dilihat dampaknya, serta dianalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif- analitik, Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Tujuan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di Sekolah adalah membentuk siswa-siswi yang memiliki kepribadian tasamuh, mengingat siswa-siswi SMA IT Darul Hasan memiliki kemajemukan dalam praktek ibadah, disamping itu juga sebagai calon pendakwah perlu memilki sikap inklusif agar diterima disetiap kalangan dan menghindari sikap ekstrem dan intoleran. Substansi materi pembelajaran Fikih di SMA IT Darul Hasan Padangsidimpuan, dengan menggunakan dua pendekatan Pertama, Penguatan materi Fikih Madzhab Syafi’i, dan Kedua, Pendalaman materi Fikih perbandingan madzhab. Faktor penunjang dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran Fikih adalah Pertama, keadaan siswa-siswinya yang majemuk sehingga dalam keseharian sudah terbiasa dengan adanya perbedaan praktek ibadah. Kedua, Guru yang professional, sedangkan penghambatnya adalah terdapat siswa yang ilmu keislamannya minim namun karena kelas sepuluh maka diajarkan Fikih perbandingan madzhab. Dampak internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di SMA IT Darul Hasan melalui pembelajaran Fikih adalah adanya perubahan sikap toleran dan iklusif terhadap perebadaan ritual ibadah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Prof. Dr. Erawadi, M.Ag dan Dr. Putra Halomoan HSB, M.H
Keywords: Internalisasi; Moderasi beragama; Pembelajaran; Fikih; SMA IT Darul Hasan Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Nov 2025 02:56
Last Modified: 19 Nov 2025 02:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

View Item View Item