Rambe, Sarwedi (2024) Determinan keputusan pembelian produk Herba Penawar Alwahida Indonesia-Halal Network International (HPAI-HNI) di Kabupaten Padang Lawas. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2050200003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penjualan produk HPAI-HNI mengalami fluktuasi yang signifikan antara stokis-stokis di Kabupaten Padang Lawas yang diakibatkan oleh kurangnya pemasaran produk, sehingga membuat konsumen tidak terlalu mengetahui produk. Disamping itu, promosi produk tidak efektif, harga tinggi, label halal tidak terlalu diperhatikan dan ditelusuri, maka perlu penelitian keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan produk, promosi, harga, dan label halal terhadap keputusan pembelian produk HPAI-HNI di Kabupaten Padang Lawas. Sebagai grand theory, penelitian ini mengadopsi teori perilaku konsumen, yang mengkaji bagaimana individu membuat keputusan pembelian berdasarkan preferensi dan kebutuhan mereka. Middle theory yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemasaran, yang menekankan strategi pemasaran untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Sementara itu, sebagai Applied theory, penelitian ini merangkul teori keputusan pembelian, fokus pada proses pengambilan keputusan konsumen dalam konteks pembelian produk. Ketiga teori tersebut akan dielaborasikan dengan mengintegrasikan variabel pengetahuan produk, promosi, harga, dan label halal. Jenis penelitian ini mengadopsi metode penelitian kuantitatif. Untuk menentukan sampel pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik stratified random sampling, sehingga diperoleh 264 responden pada 3 stokis HNI/HPAI di Padang Lawas. Metode analisis data yang digunakan adalah metode SEM-PLS dengan aplikasi WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan produk, promosi, harga, dan label halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk HPAI-HNI di Kabupaten Padang Lawas. Pentingnya pendekatan pemasaran edukatif dengan mengadakan workshop, investasi untuk promosi lokal, penyesuaian harga, dan kejelasan sertifikasi halal untuk menarik konsumen dan meningkatkan kepercayaan pada produk. Oleh karena itu, perlu melakukan kemitraan dengan pemerintah setempat atau organisasi komunitas untuk meningkatkan aksesibilitas produk HPAI-HNI, serta mengembangkan produk atau varian produk kesehatan dan kecantikan yang lebih sesuai dengan kebutuhan atau preferensi pasar di Kabupaten Padang Lawas.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Supervisors: | Prof. Dr. Darwis Harahap, M.Si dan Dr. Utari Evy Cahyani, S.P., M.M. |
| Keywords: | Pembelian; Produk; Herba Penawar Alwahida Indonesia-Halal Network International (HPAI-HNI); Kabupaten Padang Lawas |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 07:42 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 07:42 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
