Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh halal lifestyle marketing mix terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Teh Poci

Harahap, Mastika Sari (2025) Pengaruh halal lifestyle marketing mix terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Teh Poci. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2350200016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yaitu masih rendahnya pemahaman konsumen terhadap konsep halal lifestyle dan manfaat kesehatan Teh Poci, ditambah dengan strategi pemasaran dan promosi yang belum optimal serta tingginya persaingan di wilayah Gunung Tua, mengakibatkan kurangnya kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh halal lifestyle marketing mix terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Teh Poci di Gunung Tua, serta peran loyalitas sebagai variabel mediasi. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan kepuasan konsumen dan perilaku konsumen. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kepuasan konsumen dan perilaku konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 97 sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tertutup terhadap konsumen the poci di Gunung Tua. Analisis data menggunakan inner model, outer model, dan pengujian hipotesis intervening. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa halal lifestyle marketing mix tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas maupun kepuasan pelanggan Teh Poci, yang berarti strategi pemasaran berbasis halal belum menjadi faktor utama dalam membentuk kepuasan atau kesetiaan konsumen. Sebaliknya, kepuasan pelanggan terbukti berpengaruh positif terhadap loyalitas, di mana pelanggan yang puas cenderung lebih mudah loyal terhadap produk. Tetapi, kepuasan tersebut tidak memediasi hubungan antara halal lifestyle marketing mix dan loyalitas pelanggan, sehingga aspek kehalalan belum menjadi penentu utama dalam menciptakan pengalaman konsumsi yang loyal.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Rosnani Siregar, M.Ag dan Dr. Utari Evy Cahyani, S.P., M.M
Keywords: Halal lifestyle; Marketing mix; Kepuasanl; Loyalitas; Pelanggan; Teh Poci
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Nov 2025 12:06
Last Modified: 14 Nov 2025 12:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12781

Actions (login required)

View Item View Item