Tanjung, Elapinia (2025) Pengaruh halal lifestyle marketing mix terhadap minat membeli kembali dengan kepuasan sebagai variabel intervening: studi kasus Tabo Coffee Sipirok Kab. Tapanuli Selatan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2350200019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Tabo Coffee Sipirok merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang pengolahan kopi menjadi bubuk kopi yang terus berkembang, seiring dengan perkembangan tersebut Tabo Coffee menghadapi tantangan promosi yang kurang aktif, minimnya program menarik, layanan kurang efisien saat ramai, kurangnya inovasi menu, dan harga yang lebih tinggi dibanding pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh halal lifestyle marketing mix terhadap kepuasan konsumen dan minat membeli kembali di Tabo Coffee Sipirok, serta pengaruh kepuasan konsumen terhadap minat membeli kembali. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan kepuasan konsumen dan perilaku konsumen. Sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kepuasan konsumen dan perilaku konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 97 sampel. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket tertutup terhadap konsumen Tabo Coffee Sipirok. Analisis data menggunakan inner model, outer model, dan pengujian hipotesis intervening. Berdasarkan hasil penelitian diketahui dapat disimpulkan bahwa halal lifestyle marketing mix tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan karena konsumen belum sepenuhnya memahami konsep halal lifestyle marketing mix tersebut dan lebih mempertimbangkan faktor lain seperti kualitas dan harga. Halal lifestyle marketing mix terbukti berpengaruh terhadap minat membeli kembali, karena mampu membangun kepercayaan dan mencerminkan nilai-nilai penting bagi konsumen Muslim. Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membeli kembali karena kepuasan yang dirasakan bersifat sesaat dan dipengaruhi oleh faktor eksternal. Kepuasan pelanggan juga tidak memediasi hubungan antara halal lifestyle marketing mix dan minat membeli kembali karena konsumen dapat langsung terdorong membeli ulang hanya berdasarkan persepsi nilai halal tanpa melalui pengalaman kepuasan terlebih dahulu.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Rukiah, S.E., M.Si dan Dr. Sarmiana Batubara, M.A |
| Keywords: | Halal lifestyle; Marketing mix; Minat; Membeli; Kepuasan; Tabo Coffee Sipirok; Kab. Tapanuli Selatan |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 11:46 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 11:46 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12779 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
