Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada Kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan

Zuhair, Rafidah Afrah (2025) Pengembangan modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada Kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250500024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, efektivitas dan kepraktisan modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi antara Model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Ujicoba dilakukan pada siswa kelas X MAN Insan Cendikia Tapanuli Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Validitas modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan adalah sangat valid; 2) modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan efektif digunakan. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan modul ini tuntas karena ≥ 80% dari subjek uji coba memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dan adanya aktivitas yang positif dari siswa; 3) Kepraktisan modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning pada kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan adalah praktis digunakan. Hal ini diperoleh dari hasil analisis data respons siswa terhadap modul yakni siswa memberikan respons yang positif. dan 4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan menggunakan modul modul ajar berbasis pemecahan masalah melalui penerapan differentiated learning berada pada kriteria sedang. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dilihat dari keempat aspek yaitu memahami masalah, merencanakan solusi, melaksanakan rencana, memeriksa proses dan jawaban. Adapun Peningkatan kemampuan pemecahan masalah tertinggi berada pada aspek memahami masalah. Penelitian ini memberikan alternatif bahan ajar yang adaptif terhadap perbedaan kebutuhan belajar siswa, serta mendorong guru untuk menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa guna meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, khususnya kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini juga menjadi referensi bagi pengembangan modul pembelajaran serupa di jenjang dan konteks pendidikan lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Pengembangan; Modul ajar; Pemecahan masalah; Differentiated learning; Kelas X; MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Nov 2025 03:07
Last Modified: 14 Nov 2025 03:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item