Sitompul, Jamilah (2025) Strategi dakwah Majelis Ulama Indonesia pada generasi Z di Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2130400007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah untuk menjalankan dakwah pada generasi Z karena generasi Z yang umum menggunakan kecanggihan tekhnologi pada zaman modern. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah Majelis Ulama Indonesia pada generasi Z Kabupaten Tapanuli Tengah. Untuk mengetahui mengetahui kendala yang dihadapi lembaga pada generasi Z. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dengan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian strategi dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tapanuli Tengah yaitu a. mengeluarkan fatwa dakwah tentang melarang penyebaran konten pribadi yang tidak patut untuk disebarkan ke publik seperti foto atau video yang menunjukkan kegiatan pribadi atau momen intim yang tidak seharusnya dibagikan ke publik, postingan yang menunjukkan kegiatan yang tidak pantas atau ilegal, seperti merokok, minum-minuman keras, postingan video tawuran antara para remaja, melarang penyebaran informasi aib, kesalahan, dan hal yang tidak disukai orang lain melarang ghibah, fitnah, namimah, dan penyebaran permusuhan melarang bullying, ujaran kebencian, dan permusuhan atas dasar suku, agama, ras, atau antar golongan. b. pelatihan dakwah dan pengawasan media. c. pendampingan hukum dan advokasi seperti masalah pernikahan, warisan, dan masalah media sosial sehingga lembaga MUI dapat memberikan pendampingan hukum mengenai masalah hukum. Adapun faktor yang mempengaruhi efektivitas strategi dakwah Majelis Ulama Indonesia pada generasi Z yaitu a. faktor eksternal terdiri dari kesadaran generasi Z yang rendah terhadap kegiatan MUI Tapanuli Tengah dan kesadaran masyarakat yang rendah dalam memberikan arahan dan motivasi tentang pentingnya dakwah terhadap generasi Z. b. faktor internal terdiri dari keuangan yang kurang mendukung dan wewenang pemerintah. Dan kendala yang dihadapi MUI dalam menjalankan strategi dakwah pada generasi Z yaitu a. keterbatasan dana sehingga menghambat kegiatan dan kurangnya fasilitas kantor MUI Tapanuli Tengah b. Keterbatasan Sumber daya manusia Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Tapanuli Tengah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Sholeh Fikri, M.Ag dan Hasbi Anshori Hasibuan, M.M |
| Keywords: | Strategi dakwah, MUI Tapanuli Tengah, Generasi Z |
| Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
| Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:00 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:00 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
