Nainggolan, Anisa Fitri (2025) Peran pengawasan dalam peningkatan kualitas pelayanan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Other thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2130400008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa sumber daya manusia (SDM) di Kantor Urusan Agama masih kurang optimal dalam melakukan pelayanan, untuk itu dibutuhkan suatu pengawasan dan evaluasi yang sistematis. dalam pelayanan di Kantor Urusan Agama. Pengawasan yang baik diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada, sehingga kualitas pelayanan dapat ditingkatkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengawasan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Urusan Agama. Sumber daya manusia (SDM) memiliki tanggung jawab yang besar dalam memberikan pelayanan dalam bidang urusan keagamaan dan administrasi pernikahan. sehingga kualitas pelayanan yang diberikan sangat berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis data primer sebanyak empat orang dan data sekunder sebanyak enam orang . Metode pengumpulan data primer diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dokumentasi dengan pegawai Kantor Urusan Agama. serta masyarakat pengguna pelayanan. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen dan laporan terkait di Kantor Urusan Agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan yang efektif dapat meningkatkan disiplin pegawai, Pengawasan yang efektif mencakup pengawasan langsung terhadap proses pelayanan, evaluasi berkala terhadap kinerja pegawai, serta pengumpulan umpan balik dari masyarakat. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang berguna bagi pengelola Kantor Urusan Agama, dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Supervisors: | Drs.Agus Salim Lubis,M.Ag dan Yuli Eviyanti.S.E,M.M |
| Keywords: | Peran pengawasan; Peningkatan; Kualitas pelayanan; Kantor Urusan Agama; Kecamatan Angkola Barat; Kabupaten Tapanuli Selatan |
| Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
| Depositing User: | Mrs. Zura idah |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 03:00 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 03:00 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
