Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model problem based learning berbasis aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Silalahi, Lamsinar (2025) Pengaruh model problem based learning berbasis aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120200051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design.. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan, yaitu satu kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model PBL berbasis Kahoot dan satu kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar berbentuk essay yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Analisis data dilakukan menggunakan uji-t independen untuk membandingkan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model PBL berbasis Kahoot dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 79,67 dan kelas kontrol sebesar 66.67. Ada pengaruh yang signifikan ekperimentasi model problem based learning berbasis aplikasi kahoot terhadap hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 5% yaitu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd
Keywords: Model problem based learning; Applikasi Kahoot; Hasil belajar; Siswa; Materi barisan; Deret; SMP Negeri 5 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:59
Last Modified: 24 Nov 2025 04:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item