Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan media pembelajaran kolase pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya

Lubis, Siti Khodijah (2025) Peningkatan kreativitas siswa melalui penerapan media pembelajaran kolase pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500261.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal tersebut disebabkan guru kurang bervariasi dalam menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran membosankan. Dan kreativitas siswa kurang dalam melaksanakan pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kreativitas siswa pada pembelajaran seni budaya dan prakarya kelas IV SD Negeri 094 Gunung Tua Payabungan. Penyebabnya yaitu guru berperan sebagai sumber belajar dan jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak paham bagaimana konsep dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan media kolase. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas IV, Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 094 Gunung Tua Payabungan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara tes dan lembar observasi .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media kolase dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 094 GUNUNG Tua Payabungan . Hal ini dibuktikan hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada pembelajaran Seni budaya dan prakarya di setiap siklus meningkat. Pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 60 % dari 21 jumlah siswa, kemudian pada siklus I pertemuan I nilai ratarata siswa 64,05% dari 21 jumlah siswa, pada siklus I pertemuan II nilai rata rat siswa 76,19% dari 21 jumlah siswa, kemudian pada siklus II pertemuan I nilai rata rata siswa 79,28 % dari 21 jumlah siswa ,kemudian pada siklus II pertemuan II nilai rata siswa 86,67% dari 21 jumlah siswa . Adapun persentase siswa yang tuntas kreativitas pada tes awal yaitu 29% dari 21 jumlah siswa, kemudian meningkat pada siklus I dari 43% menjadi 57 % dari 21 jumlah siswa, pada siklus II persentase kreativitas siswa lebih meningkat dari 71% menjadi 90% dari 21 jumlah siswa. Kesimpulannya yaitu kreativitas siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya media kolase dalam pembelajaran Seni budaya dan prakarya kelas IV SD Negeri 094 Gunung Tua Payabungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Almira Amir,S. T.,M.Si dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Kreativitas; siswa; Media pembelajaran; Kolase; Mata pelajaran; seni budaya; Prakarya
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:59
Last Modified: 24 Nov 2025 04:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12767

Actions (login required)

View Item View Item