Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan karakter dalam perspektif Buya Hamka pada buku Pribadi Hebat

Dalimunthe, Parlindungan (2025) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam perspektif Buya Hamka pada buku Pribadi Hebat. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus pemerosotan karakter pada peserta didik diberbagai Lembaga sekolah, perlu adanya tindakan lebih spesifik yang membahas mengenai karakter. Pendidikan karakter tumbuh seiring dengan adanya pembiasaan yang dilakukan seseorang. Caranya dengan menambah wawasan keilmuwan dari aktivitas membaca buku. Melalui buku dapat mengubah pemikiran seseorang bahkan jalan hidup seseorang. Berbagai sumber bacaan dapat dimanfaatkan untuk mendorong seseorang mengembangkan karakternya. Salah satunya dengan membaca dan menggali keilmuwan melalui buku Pribadi Hebat karya Hamka. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) nilai-nilai karakter dalam buku Pribadi Hebat buya Hamka, 2) relevansi nilai-nilai karakter dalam buku Pribadi Hebat Hamka dengan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pustaka (Library Research). Penelitian pustaka adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Sumber data Primer dalam penelitian ini berasal dari buku buya Hamka yang berjudul Pribadi Hebat. Sedangkan sumber data sekundernya yaitu sejumlah literatur yang relevan dengan penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai karakter dalam buku Pribadi Hebat Hamka, yaitu terdapat lima kategori nilai karakter seperti (a) nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan dengan nilai karakter: beriman, cinta ibadah, taqwa dan taat, dan teguh keyakinan. (b) nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri seperti visioner, kerja keras, gigih dan sabar, berpikir positif, tanggung jawab, jujur, mandiri dan percaya diri, berani, rendah hati dan tahu diri, tulus dan ikhlas, fokus dan dedikasi. (c) nilai karakter dalam hubungannya dengan orang lain seperti bersahabat dan komunikatif, bermasyarakat, toleransi, menghargai perbedaan dan anti diskriminasi dan empati. (d) nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan dann (e) nilai karakter dalam hubungannya dengan kebangsaan seperti rela berkorban, semangat kebangsaan dan demokratis. (2) Relevansi nilai-nilai karakter dalam buku Pribadi Hebat dengan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu Segi kemanfaatannya sebagai media penanaman karakter kebangsaan dan Segi kelengkapan kandungan nilai karakter. Program Penguatan Pendidikan Karakter merumuskan lima nilai utama karakter bangsa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd
Keywords: Nilai; Pendidikan karakter; Buya Hamka; Buku Pribadi Hebat
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Nov 2025 02:52
Last Modified: 14 Nov 2025 02:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12766

Actions (login required)

View Item View Item