Putri, Rizki Inayah (2025) Penerapan konstruktivisme dalam pembentukan pengetahuan dan keterampilan berpikir pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam di Kelas XI MAN 1 Mandailing Natal. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2350100042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (768kB) |
Abstract
Penerapan Konstruktivisme dalam Pembentukan Pengetahuan dan Keterampilan Berpikir pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam serta mengatasi hambatan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MAN 1 Mandailing Natal. Konstruktivisme digunakan sebagai penerapan yang menekankan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, di mana siswa membangun pemahaman mereka melalui pengalaman dan interaksi sosial. Pembentukan pengetahuan merupakan proses yang mengintegrasikan aspek konigtif, afektif dan psikomotorik. Keterampilan berpikir pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bukan hanya memahami sejarah secara konsepsual saja, tetapi supaya bisa mengaplikasikan pengetahuan tersebut secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan konstruktivisme dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi Sejarah Kebudayaan Islam serta mengatasi hambatan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konstruktivisme dalam pembelajaran Sejarah Kebudayan Islam di kelas XI MAN 1 Mandailing Natal mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa secara signifikan. Siswa lebih aktif dalam berdiskusi, mampu merefleksikan materi yang dipelajari, serta berani mengemukakan pendapat. Penerapan ini juga terbukti meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang sering dianggap sulit dan abstrak.Pendekatan konstruktivisme dalam penggunaanya adalah perkembangan sosial, peran kepala sekolah dan juga kreativitas seorang guru. Namun, terdapat beberapa kendala dalam penggunaan model ini, seperti waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan aktif dan kesiapan siswa dalan mempengaruhi kreativitasnya. Kesimpulannya, penerapan konstruktivisme efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MAN 1 Mandailing Natal. Untuk optimalisasi penerapan ini, diperlukan dukungan berupa peningkatan fasilitas dan pelatihan berpikir bagi para guru.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Lelya Hilda, M.Si |
| Keywords: | Konstruktivisme; Pengetahuan; Keterampilan berpikir; Pembelajaran; Sejarah kebudayaan islam; Kelas XI MAN 1 Mandailing Natal |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 08:42 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 08:42 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
