Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan agama islam dalam mengantisipasi kekerasan verbal melalui pendidikan anti bullying di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sibabangun

Siregar, Mulatua (2025) Strategi guru pendidikan agama islam dalam mengantisipasi kekerasan verbal melalui pendidikan anti bullying di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sibabangun. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya permasalahan siswa yang sering kali terjadi sebagai faktor munculnya bullying, masalah tersebut muncul karena mereka ingin merasa dirinya dapat dihargai oleh sekitarnya atau ingin memiliki kelebihan yang dimiliki temannya. Apabila seorang peserta didik telah gagal dalam menemukan dan menempatkandirinya untuk memilih lingkungan pertemanannya sehingga dirinya tidak diterima oleh lingkungan tersebut, hal inilah yang akan menjadikan peserta didik tersebut membuat tingkah laku dengan maksud mencari perhatian orang lain dengan mengganggu temannya. Biasanya tingkah laku tersebut ditandai dengan sisswa yang suka pamer, mengejek temannya, nakal, hingga melawan dan terus menerus mengajukan pertanyaan baik yang dianggap tidak penting. Perilaku yang ditimbulkan oleh siswa diatas dapat diatasi dengan kerjasama yang dibangun baik oleh guru wali kelas, guru BK, guru pendidikan Agama Islam, serta orang tua dirumah. Tentu hal ini tidaklah mudah untuk dilaksanakan. Oleh karena itu, perlunya sosialisasi yang dilakukan oleh sekolah kepada guru maupun orang tua. Dampak yang diakibatkan oleh tindakan ini pun sangat luas cakupannya. Remaja yang menjadi korban bullying lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Adapun masalah yang lebih mungkin diderita anak-anak yang menjadi korban bullying, antara lain munculnya berbagai masalah mental seperti depresi, kegelisahan dan masalah tidur yang mungkin akan terbawa hingga dewasa, keluhan kesehatan fisik, seperti sakit kepala, sakit perut dan ketegangan otot, rasa tidak aman saat berada di lingkungan sekolah, dan penurunan semangat belajar dan prestasi akademis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode-metode untuk mengekplorasi dan memahami makna yang dianggap berasal dari masalah sosial dengan melibatkan upaya-upaya penting seperti mengajukan pertanyaan, dan prosedur mengumpulkan data yang spesifik dari partisipan. Hasil analisis penelitian ini adalah Kasus bullying yang terjadi dikalangan siswa sekolah menengah sangat sering terjadi apalagi sekolah di indonesia. Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengantisipasi bullying dikarenakan kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya sehingga anak mencari perhatian dengan melakukan tindakan bullying. Begitu pula dengan pergaulan apabila anak tidak diapantau orang tua, biasanya anak akan berteman dengan teman-teman luar yang keras suka anarkis semisalnya, tentu saja anak tersebut akan terpengaruh dalam kehidupannya. Pentingnya mengantisipasi bullying, guru usenantiasa memberikan teguran atau nasehat kepada siswa siswi untuk tidak melakukan tindakan Bullying, Dan juga antusias Guru BK mengatasi prilaku siswa yang melakukan tindakan Bullying. Tindakan Bullying di sekolah tentu harus ditangani dengan baik dan perlu diperhatikan oleh pihak sekolah, agar para siswa tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, seperti rasa trauma yang membuatnya stres. Hal tersebut merupakan tanggung jawab pihak-pihak yang ada di lingkungan sekolah, karena guru-guru maupun staf lainnya merupakan orang tua murid saat masih berada di lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Strategi; Guru; Pendidikan agama islam; Kekerasan verbal; Pendidikan anti bullying; Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sibabangun
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:12
Last Modified: 13 Nov 2025 08:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item View Item