Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan bahan ajar Al-Qur'an Hadist dalam meningkatkan sikap sosial siswa di MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan

Tanjung, Muhammad Yusuf (2025) Pengembangan bahan ajar Al-Qur'an Hadist dalam meningkatkan sikap sosial siswa di MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Al-Qur'an Hadis memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan sikap sosial siswa. Namun, di MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan, masih ditemukan kendala dalam efektivitas pembelajaran, seperti keterbatasan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik serta kurangnya media yang dapat meningkatkan pemahaman dan penghayatan nilai-nilai sosial dalam Al-Qur'an dan Hadis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits yang dapat meningkatkan sikap sosial siswa di MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang relevan. Tahap desain menghasilkan prototipe bahan ajar yang mencakup elemen-elemen pembelajaran interaktif dan berbasis nilai-nilai Al-Qur’an Hadits. Selanjutnya, tahap pengembangan melibatkan validasi ahli dan uji coba terbatas untuk memastikan kevalidan dan praktikalitas bahan ajar. Implementasi dilakukan melalui uji coba di kelas VII untuk mengevaluasi efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan sikap sosial siswa, seperti empati, kerja sama, dan tanggung jawab sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kevalidan bahan ajar Al-Qur’an Hadits memperoleh hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 93.1% dengan kriteria sangat valid, validasi dari ahli media memperoleh persentase 94% dengan kriteria sangat valid dan ahli bahasa memperoleh nilai 93.1% dengan persentase sangat valid, penilaian kualitas menunjukkan bahwa bahan ajar Al-Qur’an Hadits memiliki validitas yang sangat valid. Praktikalisasi bahan ajar Al-Qur’an Hadits dilihat dari presentasi rata-rata respon peserta didik sebesar 81% dan guru Al-qur’an Hadits yaitu sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis, artinya, bahan ajar yang dikembangkan praktis untuk digunakan dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan. Sedangkan efektivitas memeperoleh nilai 2.220 dengan presentase 85,3% masuk dalam kategori sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Pengembangan; Bahan ajar; Al-Qur'an Hadist; Sikap sosial; Siswa; MTsN Persiapan 3 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:01
Last Modified: 13 Nov 2025 08:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12758

Actions (login required)

View Item View Item