Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlāq LilBanīn karya Umar Bin Ahmad Bāraja’

Rambe, Seh Ahmad (2024) Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlāq LilBanīn karya Umar Bin Ahmad Bāraja’. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2150100015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan akhlak salah satu hal yang sangat urgen untuk diberikan kepada anak mulai sejak dini. Seiring dengan pertumbuhan psikologi anak, alangkah pentingnya bila orang tua memberikan pendidikan akhlak kepada anak dengan berbagai cara agar anak mampu berperilaku dengan baik. Salah satu kitab yang mengkaji tentang akhlak anak yaiitu kitab Al-Akhlāq LilBanīn memuat kajian tentang akhlak-akhlak anak dan cara menyampaikannya kepada anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi pendidikan akhlak dan metode pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlāq LilBanīn Karya Umar Bin Ahmad Bāraja’. Salah satu ulama yang tergolong konsen dalam mengkaji akhlak tersebut adalah Umar Bin Ahmad Bāraja’ yang menulis kitab yang berjudul Al-Akhlāq LilBanīn. Kitab ini menjadi menarik karena pembahasannya fokus pada pengkajiannya dan kitab ini juga sering menjadi panduan dalam proses penanaman nilai akhlak kepada peserta didik di lembaga penidikan berbasis pesantren. Pendekatan penelitilan ylang peneliti gunlaklan ladlallah librlary reselarch (kepustlaklalan) ylaitu denglan clarla mellakuklan penelitilan terhladlap sumber-sumber tertulis. Metode kepustlaklalan ini digunlaklan untuk meneliti tentlang konsep pendidiklan lakhllak dlallam kitlab Al-Akhlāq Lil Banīn Karya Umar Bin Ahmad Bāraja’ denglan sumber tertulis llain seperti buku, mlajlallah, jurnlal, dlan llain-llain. Temuan peneliti membuktikan bahwa Kitab Al-Akhlāq LilBanīn memuat materi pendidikan tentang akhlak yang khusus kepada anak laki-laki, dan juga disertai metode-metodenya. Ada beberapa materi pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlāq Lil Banīn Karya Umar Bin Ahmad Bāraja’, yaitu: a) Akhlak anak kepada Allah SWT, b) Akhlak anak kepada Nabi Muhammad SAW, c) Akhlak anak kepada kedua orangtua, d) Akhlak anak kepada saudara, e) Akhlak anak kepada kerabat, f) Akhlak anak kepada pembantu, g) Akhlak anak kepada tetangga, h) Akhlak anak kepada guru, i) Akhlak anak kepada teman, j) Akhlak anak kepada diri sendiri. Metode pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlāq LilBanīn Karya Umar Bin Ahmad Bāraja’, yaitu: a) Metode nasihat, b) Metode kisah, c) Metode dalil naqli, d) Metode latihan, e) Metode keteladanan, f) Metode ibrah dan mauziah, g) Metode targhib wa tarhib. Pendidikan akhlak menurut Umar Bin Ahmad Bāraja’ dalam kitab Al-Akhlāq LilBanīn sangat penting dan harus diajarkan sejak dini, agar memiliki karakter akhlak yang bagus ketika dewasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Prof. Dr. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Pendidikan; Akhlak; Kitab Al-Akhlāq LilBanīn; Umar Bin Ahmad Bāraja’
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Nov 2025 07:56
Last Modified: 13 Nov 2025 07:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12757

Actions (login required)

View Item View Item