Harahap, Siti Nurardani (2025) Penerapan model prediction observation explanation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 101760 Mandasip Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120500113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakag masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajara IPA disebabkan kurangnya penggunanan model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa belum sepenuhnya dapat memahami pembelajaran. Dalam hal ini perlu dilakukan penggunaan model Prediction Observation Explanation, supaya hasil belajar peserta didik meningkat. Penelitian ini bertujuan apakah dengan digunakanya model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101760 Mandasip, dan mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap model POE dalam mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian yang bersifat reflektif dengan menggunakan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mencari rata-rata kelas (mean) dan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar siswa pada nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 47 dengan persentase ketuntasan 15%, kemudian pada siklus 1 pertemuan 1 pada soal postest juga meningkat dengan rata-rata 53,2, dan persentase ketuntasannya 29%. selanjutnya pada siklus 1 pertemuan 2 soal postest juga mengalami peningkatan nilai rata rata 67, dengan nilai persentase ketuntasan 47%. Selanjutnya siklus 2 pertemuan 1 soal postest juga mengalami peningkatan nilai rata-rata 79 dengan nilai persentase ketuntasan 74%. Pada siklus 2 pertemuan 2 soal postest nilai rata-rata yaitu 88,88 dengan persentase ketuntasan 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan model POE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 101760 Mandasip, hal ini tampak pada hasil belajar siswa, namun dalam proses pembelajaran guru hanya memberikan penjelasan materi dengan cara metode ceramah. Seharusnya dalam pelaksanaan pembelajaran guru melakukan contoh berbentuk praktek sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang di sampaikan oleh guru. Adapun solusinya yaitu guru memberikan penjelasan materi dan mengaitkannya kepada praktek yang sesuai dengan isi materi
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Anita Adinda M. Pd dan A. Naashir M. Tuah Lubis, M. Pd |
| Keywords: | Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Prediction observation explanation (POE); IV SD Negeri 101760 Mandasip |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 02:51 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 02:51 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
