Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar SBDP siswa kelas V MIN 2 Sibolga

Batubara, Nurul Azizah (2025) Pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar SBDP siswa kelas V MIN 2 Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500115.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan metode yang digunakan lebih banyak menggunakan metode konvesional tanpa didukung metode pembelajaran lainnya yang lebih menarik, sehingga siswa tidak tertarik terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Siswa lebih suka dengan pembelajaran yang menyenangkan, yaitu pembelajaran di luar kelas yang dikenal dengan outdoor learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBdP materi unsur dan prinsip seni rupa di sekitar kita. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif tipe quasi exsperimental design (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Desain ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara random. Populasi dan sampel menggunakan kelas V C berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 9 perempuan untuk kelas eksperimen dan kelas V A berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 13 perempuan untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-T diolah dengan menggunakan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang menerapkan metode pembelajaran outdoor learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran SBdP materi unsur dan prinsip seni rupa di sekitar kita. Dimana suasana pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran. Siswa tidak perlu membuka buku untuk mencari jawaban karena siswa dapat melihat secara langsung pada lingkungan sekolah. Hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat ditunjukkan melalui uji hipotesis yakni 0,014 yang dimana jika nilai sig (2-tailed) < 0,05 Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar SBdP siswa di kelas V MIN 2 Sibolga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rahmadani Tanjung, M.Pd. dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd.
Keywords: Metode Outdoor Learning; Hasil belajar SBDP siswa kelas V MIN 2 Sibolga
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:49
Last Modified: 21 Nov 2025 02:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item