Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapanuli Tengah

Iswin, Muhammad (2024) Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline pada pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tapanuli Tengah. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan menggunakan teknologi merupakan perihal yang wajib dimiliki para generasi muda sekarang. Dalam pembelajaran materi Sejarah Kebudayaan Islam berisi tentang kisah atau cerita mengenai sejarah kebudayaan peradaban Islam, ada beberapa kendala seperti, proses pembelajaran yang dilaksanakan pendidik jika dilihat dari segi media masih kurang variatif dan menggunakan media cetak, media gambar, dan buku paket. Rumusan masalah yaitu : Bagaimana proses Pengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran SKI, bagaimana validasi multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran SKI, bagaimana efektifitas peserta didik terhadap multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran SKI. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan produk pengembangan media interaktif, menjelaskan hasil validasi yang dilakukan oleh validator media, validator materi, menjelaskan tingkat kemenarikan dan keaktifan media yang digunakan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Abu Bakar As-Siddiq pada kelas X. Penelitiann yang dilakukan ini termasuk ke dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya menggunakan teknik observasi, validasi produk, dokumentasi, dan berupa angket kemenarikan media. Hasil dari penelitian pengembangan menunjukan bahwa: Hasil produk media yang dilakukan oleh validator media memperoleh persentase 88% kategori sangat valid dan dianggap layak, validasi ahli materi 89,6% kategori sangat valid, keduanya menunjukan bahwa media valid dan layak digunakan, tingkat keefektifan media diperoleh 87,5% kategori sangat efektif. Jadi, pengembangan media yang dikembangkan oleh peneliti termasuk kedalam kategori valid atau layak digunakan pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd
Keywords: Pengembangan; Multimedia interaktif; Articulate storyline; Sejarah kebudayaan Islam; Madrasah Aliyah Negeri 3; Tapanuli Tengah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:22
Last Modified: 13 Nov 2025 04:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12731

Actions (login required)

View Item View Item