Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan buku panduan pembelajaran P5-PPRA berbasis kearifan lokal pada budaya masyarakat Padang Lawas Utara

Harahap, Aidul Azhari (2024) Pengembangan buku panduan pembelajaran P5-PPRA berbasis kearifan lokal pada budaya masyarakat Padang Lawas Utara. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya penguatan nilai-nilai kearifan lokal, adat dan budaya dalam pendidikan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA). Di era globalisasi saat ini, banyak nilai-nilai budaya lokal yang mulai terkikis oleh arus modernisasi, termasuk di Kabupaten Padang Lawas Utara. Kurikulum Merdeka yang memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk belajar dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan berbasis pada projek, bertujuan untuk memperkuat jati diri dan karakter peserta didik melalui penerapan nilai kearifan lokal. Namun, meskipun telah ada upaya penguatan budaya lokal melalui pendidikan muatan lokal, implementasinya masih terbatas dan belum mendalam. Hal ini memerlukan penguatan yang lebih sistematis dan terencana agar budaya lokal tetap relevan dan mampu memberikan dampak yang lebih signifikan bagi pembentukan karakter generasi muda di tengah tantangan global. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan buku panduan pembelajaran P5-PPRA berbasis kearifan lokal pada budaya masyarakat Padang Lawas Utara, dengan harapan bahwa dapat membangkitkan kesadaran peserta didik terhadap pentingnya nilai-nilai budaya lokal sebagai bagian dari identitas bangsa, sekaligus mengintegrasikan pendidikan agama Islam yang moderat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku panduan pembelajaran P5-PPRA berbasis kearifan lokal pada budaya masyarakat Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model analysis, design, development, implementation, and evaluation (ADDIE). Instrumen data penelitian dikumpulkan melalui wawancara. Hasil penelitian bahwasanya pengembangan buku panduan pembelajaran P5-PPRA berbasis kearifan lokal pada budaya masyarakat Padang Lawas Utara telah berhasil mengintegrasikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila dan Islam rahmatan lil alamin dengan pendekatan strategis inovatif dan relevan yang berusaha dalam pelestarian budaya lokal, yang dapat membantu dalam membentuk peserta didik yang dapat memiliki nilai karakter, cerdas secara akademis, serta memiliki identitas budaya lokal, bangsa dan agama yang kuat serta moderat. Hasil validasi materi kurikulum mendapat skor 80, kategori “valid”, dan materi kearifan lokal mendapat skor 80, kategori “valid”, yang menandakan bahwa produk buku panduan pembelajaran yang dihasilkan memiliki tingkat validitas yang baik. Produk buku panduan pembelajaran telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di tingkat MTs sederajat dan relevan untuk menghadapi tantangan modernisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A
Keywords: Pengembangan; Buku panduan pembelajaran; P5-PPRA; Kearifan lokal; Budaya; Masyarakat; Padang Lawas Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Nov 2025 14:20
Last Modified: 07 Nov 2025 14:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12730

Actions (login required)

View Item View Item