Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Manajemen kepala madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum operasional di MAN 3 Tapanuli Tengah

Siregar, Juraida (2024) Manajemen kepala madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum operasional di MAN 3 Tapanuli Tengah. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum operasional adalah kurikulum implementatif penjabaran dari kurikulum inti dan bersifat operasional. Penerapan (implementasi) merupakan suatu hal yang memberikan gejala, efek, dapat diartikan sebagai aktivitas pelaksanaan dalam penerapan sebuah program. Implementasi kurikulum operasional dapat terlaksana apabila kepemimpinan kepala madrasah mampu memberikan pengaruh dan dukungan kepada bawahannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kurikulum operasional di MAN 3 Tapanuli Tengah, 2) Menggambarkan kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum operasional di MAN 3 Tapanuli Tengah, 3) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum operasional di MAN 3 Tapanuli Tengah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data yang diteliti dan dilaporkan dalam tesis ini merupakan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis pengumpulan data ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum operasional di MAN 3 Tapanuli Tengah yaitu dengan menerapkan beberapa strategi, diantaranya: a) Perencanaan kepala madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum madrasah meliputi analisis SKL, KI ,KD, silabus, perencanaan pembelajaran, penyusunan RPP dan Peer-Teaching, b) Pengorganisasian kepala madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum operasional madrasah di MAN 3 Tapanuli Tengah yaitu kelanjutan dari perencanaan, Dimana dalampenelitian ini meliputi penyusunan organisasi kurikulum operasional, c) Pengarahan kepala madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum operasional madrasah di MAN 3 Tapanuli Tengah, d) Pengawasan Kepala Madrasah dalam mengimplementasikan kurikulum operasional madrasah di MAN 3 Tapanuli Tengah melalui supervise, pelaporan serta tindak lanjut. Kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan implementasi kurikulum operasional di MAN 3 Tapanuli Tengah. Melalui strategi perencanaan yang matang, pengelolaan sumber daya yang efisien, serta motivasi kepada guru, kepala madrasah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran yang efektif. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan pemahaman guru terhadap kurikulum baru perlu segera diatasi agar kurikulum operasional dapat berjalan dengan optimal dan memberikan manfaat maksimal bagi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd
Keywords: Manajemen; Kepala madrasah; Kurikulum operasional; MAN 3 Tapanuli Tengah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Nov 2025 14:13
Last Modified: 07 Nov 2025 14:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item