Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan E- Modul untuk meningkatkan minat dan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia Kelas XI DI SMAN 5 Padangsidimpuan

Rahmadani, Suci (2025) Pengembangan E- Modul untuk meningkatkan minat dan kemampuan kognitif siswa pada materi sistem pencernaan manusia Kelas XI DI SMAN 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120800020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian yang dilatar belakangi oleh media pembelajaran yang belum optimal dalam membantu siswa memahami konsep biologi, khususnya pada materi sistem pencernaan manusia. Materi tersebut bersifat abstrak dan memerlukan visualisasi yang memadai agar dapat di pahami oleh siswa secara utuh. Media pembelajaran yang digunakan masih kurang interaktif sehingga berdampak pada rendahnya minat dan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar biologi berbentuk e-modul yang valid, paktis, dan efektif untuk meningkatkan minat dan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan ( Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI3 SMAN 5 Padangsidimpuan dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data untuk mengukur validitas diberikan angket validasi untuk ahli materi, media dan bahasa. Mengukur ke praktisan diberikan anget respon guru dan siswa dan untuk efektivitas diberikan angket efektivitas, angket minat dan tes hasil belajar. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ologi berbasis e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas, ahli materi 90,6%, ahli media 93%, ahli bahasa 90% ( kategori sangat valid) tingkat ke praktisan, respon guru 94%, respon siswa 87,73% (katergori sangat Praktis), dan Tingkat efektivitas dari angket efektivitas 91,6%, minat siswa 90,4%, dan tes hasil berlajar 79%, (kategori sangat eferktif). Dengan demikian, bahan ajar e-modul yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi di SMAN 5 Padangsidimpuan sebagai media yang mampu menyampaikan materi abstrak secara menarik, interaktif, dan mudah dipahami oleh siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Almira Amir,S.T.,M.Si dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd
Keywords: Pengembangan; E- Modul; Meningkatkan minat; Kemampuan kognitif; Siswa; Materi; Sistem pencernaan manusia; Kelas XI; SMAN 5 Padangsidimpuan
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0707 Veterinary Sciences > 070702 Veterinary Anatomy and Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 10 Nov 2025 04:44
Last Modified: 10 Nov 2025 08:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12719

Actions (login required)

View Item View Item