Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi komunikasi Kementerian Agama dalam sosialisasi kewajiban sertifikasi halal bagi pelaku usaha di Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara

Panjaitan, Hotmaida (2025) Strategi komunikasi Kementerian Agama dalam sosialisasi kewajiban sertifikasi halal bagi pelaku usaha di Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2130100005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Sertifikasi halal memegang peranan krusial dalam konteks ekonomi dan sosial di Indonesia, sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim. Kewajiban sertifikasi halal bertujuan menjamin keamanan, kenyamanan, keselamatan, dan ketersediaan produk halal bagi konsumen, sekaligus meningkatkan reputasi, kepercayaan, daya saing, dan pendapatan pelaku usaha. Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal menegaskan pentingnya sertifikasi ini. Namun, masih terdapat tantangan dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pelaku usaha terhadap regulasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pelaku usaha di Kecamatan Kualuh Selatan terhadap kewajiban sertifikasi halal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Informan penelitian meliputi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kepala Bimas, Penyuluh dan pelaku usaha di Kecamatan Kualuh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu Utara melakukan strategi komunikasi yang melibatkan sosialisasi, pendampingan, dan penyediaan informasi melalui media sosial facebook (@Pendis Kemenag Labura) dan Instagram (@Kemenaglabura). Strategi ini berfokus pada penyampaian pesan mengenai pentingnya sertifikasi halal dan prosedur pengajuannya. Meskipun upaya sosialisasi telah dilakukan 3 kali dalam satu tahun di Kecamatan Kualuh Selatan, tingkat kesadaran dan kepatuhan pelaku usaha masih kurang. Ditemukan bahwa 14 pelaku usaha menganggap sertifikasi halal tidak penting, diharapkan untuk semakin menyadari urgensi sertifikasi halal demi keamanan dan kepercayaan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag dan Dr. Mhd Latip Kahpi, M.Kom.I
Keywords: Strategi komunikasi; Kementerian Agama; Sosialisasi; Kewajiban; Sertifikasi halal; Pelaku usaha; Kecamatan Kualuh Selatan; Kabupaten Labuhanbatu Utara
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:10
Last Modified: 06 Nov 2025 04:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item View Item